penghargaan APEBupati Sri Sumarni menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari dari Presiden RI yang diserahkan Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam malam penganugerahan APE di Gedung Auditorium Ir Sudjarwo, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Kabag Humas Pemkab Grobogan Ayong Muchtarom menyatakan, sejauh ini, penghargaan serupa sudah diraih lima kali. Yakni, tahun 2005 dan 2008 mendapat penghargaan APE kategori pratama. Kemudian, tahun 2010 dan 2012 meraih APE kategori utama. Sedangkan tahun 2013 meraih APE kategori madya.
“Dengan penghargaan APE tahun 2016 total sudah enam kali kita dapatkan. Untuk tahun ini, APE yang diterima untuk kategori madya. Penghargaan APE mulai diberikan sejak tahun 2004,” katanya.
Dijelaskan, APE sendiri diberikan kepada pimpinan daerah, atas prestasi dan kontribusi, dalam mendukung pelaksanaan dan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak. Selain itu, penerima penghargaan juga dinilai sukses melaksanakan program pemberdayaan perempuan secara berkesinambungan, melalui integrasi isu gender dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.
Penghargaan APE diberikan dari sejumlah indikator penilaian yang digunakan untuk menakar keberhasilan sebuah daerah dalam pelaksanaan rangkaian program pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak. Adapun indikator penilaiannya antara lain mengenai kelembagaan, dukungan forum, komitmen pemerintah, pengarusutamaan gender (PUG), pelindungan terhadap kekerasan pada perempuan dan anak, serta partisipasi masyarakat dan penguatan kelembagaan.
Disamping itu, perencanaan anggaran pemerintah yang responsif gender, serta komponen untuk penilaian hasil dan manfaat program serta kegiatan, juga masuk ke dalam aspek-aspek pertimbangan untuk memilih daerah yang dinilai layak menerima penghargaan. DNA

Go to top