remisi dpnBupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan remisi adalah bagi setiap warga binaan. Pemberian remisi itu sudah diatur secara tegas dalam konstitusi negara. Hal itu disampaikan bupati saat menyerahkan SK remisi di Rutan Purwodadi, seusai upacara bendera di Stadion Krida Bhakti, Purwodadi, Rabu (17/8/2016).

Read more: Bupati Sri Sumarni Serahkan SK Remisi Pada Penghuni Rutan Purwodadi

panen bawang brooDinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortulkutura (Dipertan TPH) Grobogan menorehkan hasil yang membanggakan setelah berhasil mengembangkan penanaman komoditas bawang merah melalui sistem true shallot seed (TSS). Yakni, metode penanaman dengan menggunakan biji bawang merah. Selama ini, penanaman yang lazim dilakukan petani adalah menggunakan umbi bawang merah yang diseleksi dari hasil panen.

Read more: Dipertan TPH Berhasil Budidayakan Bawang Merah dengan Biji

panen raya kedelai 1Kamis 22 Januari 2015 di desa Crewek Kecamatan Kradenan dilaksanakan panen raya kedelai. Acara panen raya kedelai dihadiri oleh Asisten II Pemerintah Kabupaten Grobogan yang mewakilli Bupati Grobogan , Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab.Grobogan , Komandan Kodim 0717 Letkol Jaelan, penyuluh dan kelompok tani/petani setempat

Dari ubinan panen kedelai didapatkan produktivitas kedelai mencapai 3,3 ton per hektar dengan kadar air 24.  Usai panen raya kedelai Komandan Kodim, Assisten II, Kepala Dinas Pertanian TPH Kab.Grobogan dan Pasiter Kodim 0717 menanam pohon mahoni.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian menyampaikan upaya untuk menaikkan nilai jual kedelai lokal ini, Dinas Pertanian TPH dengan mengolah kedelai lokal menjadi tempe dan hygiene di Rumah Kedelai Grobogan. selain itu di RKG juga akan menyediakan benih dan pelatihan untuk masyarakat yang akan belajar tentang budidaya kedelai.

Sedangkan Komandan Kodim 0717 dalam sambutannya menyampaikan bahwa TNI akan ikut serta mengawal peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk pengawasan ketersediaan pupuk dan harga jual kedelai.

berita terkatit baca di sini

padi_3Jumlah dan pertambahan penduduk Indonesia yang tinggi merupakan prioritas utama dalam mengembangkan pertanian Indonesia, khususnya pangan.  Dengan adanya dinamika di tingkat global akibat dari perubahan iklim, kelangkaan energi serta finansial, telah merubah gagasan bahwa masalah pangan tidak dapat dipecahkan dengan hanya memperbaiki sistem distribusi pangan global, tetapi masing-masing negara harus memperkuat ketahanan pangannya.

Read more: Pertanian Grobogan Dukung Kedaulatan Pangan Nasional

Go to top