Pemerintah Kabupaten Grobogan akan menyelenggarakan Seleksi Calon Direktur PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Grobogan, dengan ketentuan sebagai berikut :

I.   PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Republik Indonesia;
  2. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan;
  3. Bersedia mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil / Anggota Legislatif maupun anggota TNI / POLRI apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi Direktur yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan di atas Materai Rp 6.000,-;
  4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena suatu tindak pidana kejahatan;
  5. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan/gerakan yang menentang Pancasila dan UUD 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia;
  6. Bersedia mengundurkan diri sebagai pengurus/ anggota parpol apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi Direktur yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan di atas Materai Rp 6.000,-;
  7. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/Anggota POLRI/ Pegawai BUMN/BUMD dan Pegawai Swasta;
  8. Bekelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kriminal dari Kepolisian Resort (Polres) setempat;
  9. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah;
  10. Bersedia tidak merangkap jabatan di Lembaga Pemerintahan atau Non Pemerintahan.


II.  PERSYARATAN KHUSUS

  1. Usia setinggi-tingginya 55 tahun bagi calon dari dalam PDAM dan 50 tahun bagi calon dari luar PDAM terhitung per tanggal 20 Juli 2011;
  2. Mempunyai pendidikan minimal Sarjana Strata 1 (S1);
  3. Mempunyai pengalaman kerja 10 tahun bagi calon Direksi yang berasal dari dalam PDAM, atau minimal 15 tahun mengelola perusahaan bagi calon Direksi yang berasal dari luar PDAM, yang dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik ;
  4. Bersedia mengikuti pelatihan manajemen air dan dinyatakan lulus paling lama 1 (satu) Tahun setelah diangkat menjadi Direktur PDAM Kab. Grobogan, dengan biaya sendiri.
  5. Bersedia bekerja penuh waktu dan bertempat tinggal di Kabupaten Grobogan;
  6. Tidak terikat hubungan keluarga dengan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah atau Dewan Pengawas/Direksi lainnya sampai derajat ketiga menurut garis lurus atau kesamping termasuk menantu dan ipar dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang dibubuhi Materai Rp 6.000,-;
  7. Bersedia menandatangani Kontrak Manajemen.
  8. Lulus uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan oleh tim ahli yang ditunjuk oleh Kepala Daerah.


III.  TATA CARA PENDAFTARAN DAN KELENGKAPAN PERSYARATAN

  1. Peminat yang memenuhi kualifikasi dan persyaratan dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan lamaran ditulis tangan sendiri ditujukan kepada Panitia Seleksi Calon Direktur PDAM Kabupaten Grobogan, dengan alamat Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan  Jl. Gatot Subroto No.6 Purwodadi - Grobogan Kode Pos 58111;
  2. Waktu pendaftaran tanggal 8  s./d.  27  Juni  2011  per stempel pos (pada jam kerja 14.00 WIB);
  3. Lamaran ditulis tangan sendiri tanpa Materai ditujukan kepada panitia dengan dilampiri berkas persyaratan yang meliputi :
  1. 1 (satu) lembar foto copy ijazah yang dipersyaratkan (bukan ijazah sementara/surat keterangan lulus/bukti yudisium) dan 1 (satu) lembar foto copy Transkip Akademik yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
  2. Surat Keterangan Referensi dari Perusahaan sebelumnya dengan penilaian BAIK;
  3. Foto copy Surat Keterangan/Sertifikat Pelatihan Manajemen Air Minum bagi calon dari dalam PDAM dan Surat Keterangan/Sertfikat Pelatihan Manajemen Air Minum bagi calon dari luar PDAM di dalam atau di luar negeri bagi yang pernah mengikuti pelatihan;
  4. Surat Keterangan tidak pernah/sedang tersangkut perkara kriminal/pidana dari Kepolisian Resort (Polres) setempat;
  5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter Pemerintah;
  6. 1 (satu) lembar foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku dan dilegalisasi oleh Camat setempat atau pejabat yang ditunjuk sesuai ketentuan;
  7. Pas photo berwarna terbaru, ukuran 4 X 6 sebanyak 3 (tiga) lembar, sebaliknya ditulis nama dan alamat pelamar;
  8. Berkas lamaran tersebut dimasukkan dalam amplop tertutup, disertai amplop dan perangko balasan dengan nominal Rp 6.000,- (Enam ribu rupiah), dengan ditulis nama dan alamat lengkap pelamar termasuk kode pos (untuk panggilan mengikuti test/pengiriman nomor test.


IV.  PELAKSANAAN UJI KELAYAKAN DAN KEPATUTAN

A.  Materi Tes:

1.  Tes Tertulis:

  1. Manajemen Strategi/SDM.
  2. Manajemen Pengelolaan Air
  3. Manajemen Keuangan/Pengawasan/Akuntansi

2.  Tes Wawancara

  1. Presentasi Visi Misi
  2. Pendalaman Strategi Pengembangan Perusahaan.
  3. Pendalaman Pengawasan Keuangan
  4. Pengetahuan Dasar Pengadaan Barang dan Jasa

3.  Psikotest dan Tes Kesehatan

B.  Bagi yang lulus tes tertulis akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya.


V.  TAHAPAN REKRUITMEN

Proses rekruitmen calon Direktur PDAM Kabupaten Grobogan dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :

  1. Pengumuman dan pendaftaran;
  2. Seleksi persyaratan administrasi pelamar;
  3. Pengumuman/pemberitahuan lulus seleksi administrasi;
  4. Pelaksanaan Uji Tulis
  5. Pemaparan visi  misi dan strategi pengembangan perusahaan dilanjutkan wawancara;
  6. Psikotest.
  7. Uji Kesehatan.


VI.  LAIN-LAIN

  1. Pendaftaran tidak dipungut biaya.
  2. Bagi pelamar yang terbukti memberikan keterangan palsu dinyatakan TIDAK LULUS/ GUGUR.
  3. Seluruh dokumen yang telah dikirim, menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali.
  4. Keputusan Panitia Seleksi Calon Direktur PDAM Kabupaten Grobogan tidak dapat diganggu gugat.


Keterangan Lebih Lengkap mengenai Seleksi Calon Direktur PDAM Kabupaten Grobogan, silahkan download disini.

Go to top