Menu

BPJS Akan Diberlakukan Bertahap

BPJS-1Rencana pemberlakuan untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada 1 Januari 2014 mendatang disambut positif oleh PMI di Kabupaten Grobogan. Disebabkan dalam kepengurusan tersebut bisa dilakukan secara bersama dan tidak terpisah-pisah.

”Untuk tahun ini baru ada beberapa asuransi yang bergabung. Diantaranya PT ASKES (Persero), PT ASABRI (Persero), PT JAMSOSTEK (Persero), dan PT TASPEN (Persero),” kata ketua PMI Grobogan Supriyatno usai rapat koordinasi PMI se-Korwil 1 di aula lantai dua, Kabupaten Grobogan yang diikuti 11 Kabupaten di wilayah Jateng.

Menurut Supriyatno, BPJS akan diberlakukan kepada seluruh warga Indonesia. Dalam program tersebut pemegang program jaminan kesehatan dari pemerintah pun tidak hanya mendapat pelayanan kesehatan dari rumah sakit pelat merah. Namun juga bisa digunakan di beberapa rumah sakit swasta.

”Untuk pelaksanaan jaminan kesehatan nantinya akan bertahap. Sedangkan program BPJS akan sampai pada tahun 2019 mendatang,” terang dia.

Sementara itu, peserta BPJS sendiri adalah pegawai negeri sipil (PNS), pensiunan, dan masyarakat yang termasuk dalam Jamkesmas. Selain itu, TNI dan Polri akan masuk dalam kepesertaan BPJS yang akan dilaksankan pada Januari awal tahun depan, dan yang terakhir adalah peserta Jamsostek.

”Untuk kapan pelaksanaan dan teknik BPJS sekarang masih menunggu dari keputusan pemerintah pusat,” ujarnya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Go to top