Menu
Kunjungan Wapres di Kedung Ombo
Wakil Preside Jusuf Kalla, Jumat (5/12) melakukan kunjungan kerja di Waduk Kedungombo yang berada di Desa Rambat, Kecamatan Geyer.
Cegah ISIS, Pemkab Grobogan Rangkul Ormas
Untuk mencegah jaringan ISIS (Islamic State of Iraq Syria), Pemkab Grobogan bersama Polres, Kodim 0717, Kejari Purwodadi merangkul sejumlah ormas Islam, ponpes dan organisai lintas agama setempat.
Gelar Pameran dan Ekspo Peternakan
Ekspo yang di buka oleh Bupati Grobogan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk hasil peternakan dan perikanan unggulan di Grobogan.
Grobogan Juara Satu Inseminator
Penobatan juara petugas Inseminator Buatan (IB) diberikan langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam upacara di lapangan Simpang Lima Semarang.
Kwarcab Grobogan Juara Tiga Abdimas Se Jateng
Kwarcab 11 15 Grobogan memperoleh penghargaan peringkat tergiat tiga bidang Abdimas Humas dari Kwarda 11 Jawa Tengah yang diterima oleh Wakil Bupati Icek Baskoro,SH
Hari Pangan ke-34 dan Hari Nusantara ke-15
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menggelar peringatan Hari Pangan ke-34 dan Hari Nusantara ke-15 di Kompleks Stadion Krida Bhakti Purwodadi.
Gerakan Penanggulangan Hama Tikus
Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro beberapa saat lalu mencanangkan gerakan penanggulangan hama tikus secara massal di Desa Selojari, Kec. Klambu.
Beasiswa Dari PT HM Sampoerna
Sebanyak 100 siswa SMA dan sederajat di Grobogan mendapat beasiswa dari PT HM Sampoerna melalui program Putra Sampoerna Foundation (PSF).
Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)
Sekretaris Daerah Grobogan Sugiyanto ketika membuka pembekalan aparatur kecamatan dalam penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) belum lama ini di ruang Riptaloka, setda Grobogan.

Bupati dan Wakil Bupati Grobogan 2011-2016

bupati dan wakil bupati grobogan

Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Grobogan

Pertanian Kabupaten Grobogan Menuju Agribisnis

pertanian-grobogan-menuju agribisnis

Pertanian lekat dengan Kabupaten Grobogan, kabupaten ini pun dikenal sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Tengah, dan sebagai tempat lahirnya varietas tanaman jenis baru.

Read more Pertanian Grobogan ...

Pertanian Grobogan Dukung Pangan Nasional

pertanian grobogan

Bagi Kabupaten Grobogan, Sektor Pertanian merupakan sektor primer yang amat strategis, karena memberi kontribusi 43,6% dari PDRB Kabupaten Grobogan setiap tahun.

Read more Pertanian Grobogan ...

No

Desa / Kelurahan

Nama Hasil Survey

Nama Lain

Arti Nama

Sejarah Nama / Legenda

Koordinat Geografis

Keterangan

Lintang

Bujur

1

2

3

4

5

6

7

8

9

12

Desa Gunungtumpeng

Gunung-tumpeng

-

Gunungtumpeng= berasal dari kata ‘Gunung’ dan ‘Tumpeng’.

Kata ‘Tumpeng’ dimaksudkan sebagai bentuk sendang (sumber air) yang menyerupai   nasi tumpeng, sedangkan kata ‘Gunung’ dimaksudkan sebagai kondisi geografis desa yang bergunung-gunung.

Berdasarkan cerita masyarakat yang turun temurun, konon terdapat seorang pengembara yang bernama Mbah Podang. Dia mengembara dan beristirahat disuatu tempat yang bernama Sendang Cokro dimana sendang tersebut ada terdapat bongkaran batu yang menyerupai/berbentuk nasi Tumpeng, sehingga tempat tersebut dinamakan Gunungtumpeng.

07°10’07” S

110°47’36” T

  • Luas Wilayah= 18,39 km2
  • Jml Penduduk per Januari 2012= 3.754 jiwa
  • Jml Dusun= 7 (Pranak, Gedangan, Ngenden, Seneng, Jetis, Gunugtumpeng, Banyupait)
  • Jumlah RT/RW= 20 RT, 4 RW
  • Fasilitas Pendidikan= 4 PAUD, 2 TK, 3 SD, 1 SMP
  • Potensi Perekonomian= Pertanian (jagung), Peternakan (kerbau, sapi, kambing), Home Industri (tempe, krupuk, mebelair, gula jawa)

Sumber : Rupabumi Wilayah Administrasi Desa-Kelurahan Kabupaten Grobogan Tahun 2012

 

Ringkasan LPPD 2014

Radio Purwodadi FM

TPAD Grobogan

LPSE Grobogan

JDIH Grobogan

Bazda Grobogan

SMS Center

Peta Grobogan

Go to top