Menu

Kabupaten Grobogan Raih Adipura Tahun 2012

adipura-2012-bPemerintah Kabupaten Grobogan berhasil meraih penghargaan Piala Adipura di tahun ini. Penghargaan yang diterima tersebut untuk kategori kota kecil, yaitu Kota Purwodadi. Bersama 77 kota kecil lainnya yang menerima penghargaan serupa, Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro, SH mewakili Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, SH menerima penghargaan Adipura tersebut, yang diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, selasa kemarin (5/6/2012).

Perolehan ini tentunya cukup menggembirakan, karena pada tahun sebelumnya (2011) Kabupaten Grobogan gagal merail penghargaan yang sama dikarenakan nilai yang masih di bawah rata-rata. Setelah melakukan berbagai evaluasi terhadap kegagalan tahun sebelumnya, dan berbagai upaya perbaikan di titik-titik penilaian. Dan akhirnya upaya-upaya itu membuahkan hasil.

Tentunya keberhasilan mendapatkan penghargaan sebagai kota kecil terbersih, tidak lepas dari kerja keras semua pihak dari seluruh jajaran pemerintah daerah, terutama masyarakat Kota Purwodadi yang mendukung upaya pencapaian penghargaan tersebut. Keberhasilan ini harus terus didorong pada tahun-tahun berikutnya untuk kembali meraih penghargaan yang sama kedepannya.

Terdapat beberapa titik pantau yang dinilai dalam penilaian adipura kali ini, antara lain terminal bus, pasar, TPA, kantor pemerintah, jalan, RSU, Puskesmas, drainase kota, drainase perumahan, pengolahan dan pemilahan sampah. Titik-titik pantau tersebut sekalipun telah melampaui nilai rata-rata pada tahun ini, tetap harus terus ditingkatkan, terutama untuk titik pantau yang nilainya mepet, seperti masalah kebersihan, pasar induk, serta drainase kota dan perumahan. Terlebih standar dalam penilaian adipura senantiasa meningkat setiap tahunnya.

Keberhasilan memperoleh Adipura tentunya menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan, bukan hanya untuk Pemerintah Kabupaten saja. Karena itu, sudah selayaknya jika seluruh lapisan warga Grobogan untuk benar-benar dapat menjadikan penerimaan Adipura ini sebagai suatu momentum untuk menjadikan Grobogan yang lebih baik lagi ke depannya. Kerjasama dan peran serta antara pemerintah, pihak terkait dan dengan dukungan masyarakat, bukan tak mungkin Kabupaten Grobogan akan bisa meraih penghargaan serupa serta penghargaan lainnya di tahun-tahun selanjutnya.

Add comment


Security code
Refresh

Go to top