Menu

TMMD Tingkatkan Percepatan Pembangunan

tmmd_mun1Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Tahun 2012 tingkat Kodim 0717 Purwodadi yang dilaksanakan di Desa Karanggeneng Kec. Godong Kab. Grobogan, ditutup oleh Sekda Kabupaten Grobogan, beberapa waktu lalu. Kegiatan TMMD yang dilaksanakan hamper satu bulan tersebut, melakukan pengecoran jalan Rabat Beton, pemugaran rumah, dan pembangunan pos kamling.

Sekda Grobogan Sugiyanto SH, MM mengatakan, program TMMD bisa meningkatkan sinergitas kegiatan dan kerja sama antara TNI, Polri, Lembaga Kementrian / LPNK, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat. Hal itu, untuk mewujudkan percepatan pembangunan di pedesaan menuju masyarakat yang damai dan sejahtera.

” TMMD Sengkuyung ini, dilaksanakan secara serentak di 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Dalam pelaksanaanya dilakukan dua kali dalam setahun secara terpadu dan berkesinambungan,”kata Sekda dalam sambutan penutupan TMMD.

Kegiatan TMMD sendiri merupakan upaya untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. Kegiatan tersebut, untuk membuka daerah terisolir dan mempersempit kesenjangan antar wilayah. Sehingga bisa membuka akses transportasi dan komunikasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan roda perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

”Dengan tangan-tangan TNI melalui TMMD bisa menghasilkan kegiatan pembangunan yang dilakukan secara bergotong royong bersama masyarakat sehingga kegiatan TMMD menjadi perekat antara TNI dengan rakyat,”terang dia.

Selain itu, lanjut Sugiyanto kegiatan TMMD ini secara fisik ikut membantu pembangunan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan masyarakat. Baik fisik dan non fisik. Salah satunya dengan penyuluhan, ceramah atau temu wicara mampu meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial, mengembangkan komunikasi sosial, memotivasi tekad serta semangat masyarakat untuk membangun daerah sesuai potensi dan karakteristik desanya.

”Sungguh luar biasa betapa manunggalnya dan semangat sengkuyung masyarakat Desa Karanggeneng Kec. Godong Kab. Grobogan, yang bahu membahu bersama angota TNI membangun desa. Salah satunya dalam Pengecoran jalan, warga terjun langsung,” ujar Dandim 0717 Purwodadi Letkol. Heri Prakosa Ponco Wibowo.

Dandim 0717 Purwodadi Letkol Inf. Heri Prakosa Ponco Wibowo mengatakan, sasaran fisik pelaksanaan program TMMD ini adalah Pengecoran jalan sepanjang 750 meterx 0.8 meter x 0.15 meter, pembuatan pos kampling 2 unit dan rehap mushola 1 unit. Selain itu, juga menyerahkan bantuan beras kepada keluarga kurang mampu sebanyak 100 KK sebesar 10 Kg.

”Kegaiatan TMMD ini, juga diadakan juga Pasar murah, KB gratis, Khitanan gratis dan pengobatan gratis,”terang dia. (nir)

Add comment


Security code
Refresh

Go to top