Menu

Pilkades 230 Desa Serentak di 2013

Pilkades-2013-1Setelah melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 37 Desa di 14 Kecamatan secara serentak tahun 2012, Kabupaten Grobogan akan menggelar 230 Pilkades serentak tahun [ada 2013 mendatang. Pilkades tersebut, akan mengganti jabatan kades karena masa aktif kades yang sudah habis.

”Untuk Pilkades tahun ini (2012), kami sudah melaksanakan 37 pilkades serentak dan telah dilakukan pelantikan. Hanya satu desa yang akan melaksanakan Pilkades ulang di Desa Pahesan Kecamatan Godong. Dan untuk tahun depan, akan direncanakan ada 230 Pilkades secara serentak,” kata Kabag Pemdes Setda Grobogan Anang Amunanto beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan untuk pilkades akan dilaksanakan mulai awal bulan sesuai dengan masa jabatan kades. Diantaranya bulan Januari ada satu desa, bulan Maret 179 Desa, bulan Mei ada 46 Desa, Bulan Oktober satu Desa dan bulan Desember ada 3 Desa.

Lebih lanjut, Anang mengungkapkan dalam pemilihan Pilkades secara langsung sudah diatur sesuai dengan Perda Nomor 8 tahun 2006 tentang Pemilihan Pengangkatan dan Penghentian Kepala Desa Kabupaten Grobogan. Maka untuk persiapannya Pilkades serentak baru akan dilakukan pada awal tahun depan.

”Untuk pencalonan Kades sudah ada ketentuan. Jadi warga yang ingin mendaftar atau ingin menjadi Kades bisa mempelajarinya terlebih dahulu,” ujar dia.

Sementara itu, untuk syarat pencalonan kepala desa Kabupaten Grobogan minimal harus berusia 25 tahun dan pendidikan terakhir adalah SLTP. Syarat tersebut, sesuai dengan ketentuan yang ada sesuai dengan Perda.

Pelaksanaan Pilkades serempak ini, kata Anang berharap supaya pilkades tahun depan akan lebih damai baik sebelum, pada saat, maupun pasca pemilihan seperti pada tahun ini. Selain itu, Pilkades juga sebagai wahana praktek demokrasi yang paling bawah untuk memilih pemimpin di tingkat desa periode enam tahunan.

”Saya berharap kepada semua warga dalam pelaksanaan Pilkades nanti untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan. Karena bagaimanapun tingkat kepatuhan para calon akan mempengaruhi tingkat intergitas, kredibilitas dan legitimasi hasil hasil Pilkades dikemudian hari,” tandasnya. (nir)

 

Add comment


Security code
Refresh

Go to top