tani dpnSebuah terobosan baru dilakukan Dinas Pertanian TPH Grobogan untuk membantu pemasaran hasil pertanian. Yakni, dengan meluncurkan aplikasi khusus dengan nama ‘Tani Niaga’ yang bisa diakses dengan mudah lewat layanan online.

Aplikasi ini diluncurkan secara resmi oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni di aula Rumah Kedelai Grobogan (RKG), Sabtu (13/8/2016). Hadir pula dalam acara tersebut, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto beserta anggota Komisi B. Terlihat pula perwakilan FKPD serta perwakilan kelompok tani dari berbagai kecamatan.
Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Edhie Sudaryanto menyatakan, Tata Niaga merupakan sistem pemasaran hasil pertanian dengan aplikasi adroid dan website yang gampang diakses lewat handphone maupun komputer. Melalui aplikasi ini maka produk hasil pertanian petani akan dipasarkan secara online sebelum panen.
“Jadi beberapa hari sebelum panen, produknya akan kita unggah dalam aplikasi ini berikut keterangannya. Seperti lokasi, luas areal, perkiraan produksi, nama petani, kontak person serta foto tanaman dilapangan. Dari sini, calon pembeli bisa langsung menghubungi petani jika tertarik,” jelas Edhie.
Dalam aplikasi tersebut juga dilengkapi menu informasi harga komoditas pertanian terkini dari berbagai kecamatan. Dengan adanya menu ini, masyarakat khususnya petani bisa memantau kondisi harga berbagai komoditas di beberapa kecamatan.
Menurut Edhie, hadirnya aplikasi punya beberapa tujuan. Antara lain, memotong rantai tata niaga pemasaran sehingga menjadi lebih pendek. Melalui aplikasi ini bisa membantu menyetabilkan harga saat panen raya serta memperluas jangkauan pasar.
Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengaku bangga dengan hadirnya aplikasi pemasaran berbasis teknologi tersebut. Sebab, dengan cara ini, produk pertanian bisa dipasarkan lebih luas dibandingkan cara tradisional. Lewat aplikasi ini, bisa dimungkinkan untuk mendapatkan pembeli dengan harga yang lebih tinggi.
“Saya salut dengan adanya aplikasi ini karena sangat banyak manfaatnya. Selain bisa untuk pemasaran, lewat aplikasi ini juga bisa memantau berbagai harga komoditas terkini,” katanya. DNA

Go to top