jambore dpnBupati Grobogan Sri Sumarni melepas keberangkatan anggota pramuka yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke- X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Acara pelepasan kontingen dilakukan di aula Sanggar Pramuka, Kwarcab Grobogan, Kamis Kamis (11/8/2016).

Hadir dalam acara tersebutm Ketua Kwarcab 11 15 Grobogan Icek Baskoro beserta para pengurus Kwarcab Grobogan dan pimpinan kontingen Jamnas.
Dalam kesempatan itu, bupati meminta kepada peserta Jamnas supaya melaksanakan kegiatan dengan baik dan selalu menjaga perilaku selama mengikuti acara. Sebab, mereka ini berangkat dengan membawa nama Kabupaten Grobogan.
“Pesan saya, selalu jaga sikap selama mengikuti Jamnas. Selamat jalan, semoga sukses dan mendapat pengalaman yang bermanfaat,” katanya.
Sementara itu, Icek Baskoro menambahkan, dalam Jamnas nanti ada berbagai kegiatan yang harus diikuti para peserta. Antara lain, kegiatan seni budaya, ketangkasan kepramukaan, teknologi, dan kuliner nusantara yang berasal dari daerah masing-masing.
“Dalam Jamnas nanti, kontingen kita akan menyiapkan sego pecel yang jadi salah satu makanan favorit masyarakat. Untuk minuman, kita siapkan Wedang Blung yang saat ini sudah jarang dijumpai. Minuman ini terbuat dari ramuan jahe,serai, gula jawa, dan kelapa,” katanya.
Kontingen Jamnas dari Grobogan berkekuatan 32 pramuka penggalang (16 putra dan 16 putri) yang berasal dari berbagai SMP/MTs. Mereka yang jadi kontingen Jamnas ini terpilih dari hasil seleksi ketat yang dilangsungkan bulan Januari lalu.
Icek menyatakan, kegiatan Jamnas ini merupakan agenda rutin Gerakan Pramuka Indonesia setiap lima tahun sekali. Peserta Jamnas kali ini diperkirakan diikuti 25 ribu pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. DNA

Go to top