nyanyibareng 1Bupati Grobogan Sri Sumarni berserta pimpinan FKPD menghadiri acara bertajuk ‘Grobogan Gumbregah’ yang dilangsungkan di alun-alun Purwodadi, Rabu (6/9/2017). Hadir pula para pejabat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Acara yang diprakarsai Kodim 0717 itu melibatkan ribuan pelajar dari berbagai SMP dan SMA. Dalam kesempatan itu, ada acara menyanyikan lagu-lagu perjuangan selama 1 jam. Bupati dan pejabat yang hadir terlihat ikut bersemangat menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan para pelajar.

Acara Grobogan Gumbregah juga dimeriahkan dengan pertunjukkan drama kolosal yang mengangkat kisah perjuangan dalam mengusir penjajah.

Drama kolosal yang dimainkan mengangkat kisah perjuangan pahlawan wanita Nyi Ageng Serang saat bahu membahu bersama masyarakat mengusir penjajah Belanda. Beberapa adegan pertempuran diperagakan dalam drama kolosal yang juga melibatkan para pelajar tersebut.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi adanya acara menyanyikan lagu perjuangan dalam kegiatan Grobogan Gumbregah tersebut. Menurutnya, dengan menyanyikan lagu perjuangan dinilai akan bisa menumbuhkan kembali semangat nasionalisme pada generasi muda.

Ia juga sangat senang dengan adanya yang pertunjukkan drama kolosal dalam acara tersebut. Kebetulan, sosok yang diangkat dalam tema tersebut merupakan pahlawan kelahiran Grobogan. Yakni, Nyi Ageng Serang yang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi.

“Saya berharap lewat acara ini bisa menumbuhkan semangat nasionalisme dan masyarakat dapat meneladani pengorbanan dan perjuangan pahlawan bangsa,” katanya. DNA

 

 

Go to top