1. Kebijakan dan Kegiatan

Kerja sama daerah merupakan wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, menyerasikan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah dan/atau dengan pihak ketiga serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi dan kapasitas fiskal. Melalui kerja sama daerah juga diharapkan dapat mengurangi kesenjangan daerah dalam penyediaan pelayanan umum khususnya yang ada di wilayah terpencil, perbatasan antar daerah dan daerah tertinggal sebagaimana dimaksudkan PP Nomor 50 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daerah. Intinya daerah harus memiliki inisiatif untuk membaca potensi daerahnya sebagaimana urusan wajib maupun pilihan yang telah menjadi kewenangannya yang dapat dikembangkan melalui kerjasama daerah dan/atau pihak ketiga demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada prinsipnya pengertian kerja sama daerah dengan pihak ketiga merupakan kerjasama antara kepala daerah dengan departemen/ lembaga pemerintah non departemen atau sebutan lain, perusahaan swasta yang berbadan hukum, BUMN, BUMD, koperasi, yayasan, dan lembaga di dalam negeri lainnya yang berbadan hukum, yang dibuat secara tertulis serta menimbulkan hak dan kewajiban, dengan obyek kerja sama berupa seluruh urusan pemerintahan yang telah menjadi kewenangan daerah dan dapat berupa pelayanan publik.

Pelaksanaan kerjasama Pemerintah Kabupaten Grobogan dengan pihak ketiga pada tahun 2016 diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pendidikan, peningkatan kualitas pembangunan daerah, hukum, peningkatan kualitas aparatur daerah, kesehatan, peternakan, serta pengembangan budaya baca.

2. Pokok- pokok program dan kegiatan yang dilaksanakan :

  1. Perjanjian Kerjasama antara Akbid An Nur Purwodadi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Nomor: 101/AKBID/AN/I/2016 dan   446/079/I/2016 tanggal 11 Januari 2016, dengan pokok kegiatan berupa Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Praktik Klinik, Pengambilan Data Penelitian, PBL-PKMD di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.
  2. Kesepakatan Bersama antara Bupati Grobogan dengan Kepala Kejaksaan Negeri Purwodadi, Nomor: 700/01/2016 dan 01/O.3.41/Dps/01/2016 tanggal 20 Januari 2016, dengan pokok kegiatan berupa Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Grobogan.
  3. Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Grobogan dengan Kejaksaan Negeri Purwodadi, Nomor: 180/02/III/2016 dan 01/O.3.41/Gs/01/2016 tanggal 20 Januari 2016, dengan pokok kegiatan berupa penyelesaian masalah hukum di bidang hukum Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar Pengadilan yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Grobogan.
  4. Perjanjian Kerjasama antara Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Grobogan dengan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, Nomor: 893.3/393/2016 dan 895.5/03250 tanggal 16 Maret 2016, dengan pokok kegiatan berupa Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV.
  5. Kesepakatan Bersama antara Ketua Dewan Pembina Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives dengan Bupati Grobogan, Nomor:853/CISDI/IV/2016 dan 440/10.1/IV/2016 tanggal 27 April 2016, dengan pokok kegiatan berupa peningkatan pembangunan kesehatan masyarakat dengan memperkuat layanan kesehatan primer.
  6. Perjanjian Kerjasama antara Direktur Program Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Nomor:854/CISDI/IV/2016 tanggal 27 April 2016, dengan pokok-pokok kegiatan meliputi : (a) Pembinaan, pengawasan, pengendalian, dan evaluasi pelayanan kesehatan primer di Puskesmas Kradenan I; dan (2) Pemberian transfer of knowledge oleh Tim Pencerah Nusantara kepada Puskesmas Kradenan I untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan pencapaian program kesehatan.
  7. Perjanjian Kerjasama antara Poltekes Kemenkes Semarang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Nomor HK.06.01/a.II.3/321 /2016 dan 446.4/1242.2/I/2016 tanggal 28 April 2016, dengan pokok kegiatan berupa Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Praktik Klinik, Pengambilan Data penelitian, PBL-PKMD di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.
  8. Perjanjian Kerjasama antara Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan dengan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang, Nomor: 2940/UN7.3.5/KS/2016 tanggal 23 Mei 2016, dengan pokok-pokok kegiatan meliputi kerjasama dalam Pendampingan Program Sentra Peternakan Rakyat di Kabupaten Grobogan.
  9. Perjanjian Kerjasama antara Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Grobogan dengan Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Nomor: 893.3/1570/2015 dan 57/UN27.02/EDC/2016 tanggal 9 Juni 2016 tentang Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru.
  10. Kesepakatan Bersama antara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan Bupati Grobogan, Nomor: 2610/WPB.14/2016 dan 581/25/IX/2016 tanggal 6 September 2016, dengan pokok-pokok kegiatan meliputi : Penyiapan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP); Pelatihan penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP); Penatausahaan calon debitur potensial Kredit Usaha Rakyat; dan Monitoring dan evaluasi pelaksanaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).
  11. Kesepakatan Bersama antara Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan Bupati Grobogan, Nomor: 10973/UN27/HK/2016 dan 415.1/26/IX/2016 tanggal 19 September 2016, dengan pokok kegiatan berupa pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Pembangunan Daerah Kabupaten Grobogan.
  12. Perjanjian Kerjasama antara Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dengan PT. Gramedia ASRI Media Pandanaran Semarang, Nomor: 451/PNJ/IP/2016 tanggal 5 Oktober 2016, dengan pokok kegiatan berupa Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan serta Kegiatan Pameran Buku Murah.
  13. Perjanjian Kerjasama antara STIKES Cendekia Utama Kudus dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, Nomor: 023/NK-STIKES/XI/2016 dan 446/2940/I/2016 tanggal 1 November 2016, dengan pokok kegiatan berupa Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Praktik Klinik, Pengambilan Data penelitian, PBL-PKMD di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.

3. Realisasi Pelaksanaan Kegiatan

  1. Hasil kerjasama dengan Akbid An Nur Purwodadi adalah terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan Praktik Klinik, Pengambilan Data Penelitian, PBL-PKMD di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan.
  2. Hasil kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Purwodadi adalah terbentuknya Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dan terlaksananya pemberian pendampingan oleh Kejaksaan Negeri Purwodadi kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam rangka akselerasi pembangunan daerah di Kabupaten Grobogan serta pencegahan timbulnya penyimpangan hukum.
  3. Hasil kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Purwodadi adalah terlaksananya penyelesaian masalah hukum di bidang hukum Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar Pengadilan yang melibatkan Pemerintah Kabupaten Grobogan.
  4. Hasil kerjasama dengan Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah dalam bidang kepegawaian adalah terlaksananya Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk IV bagi 40 orang pejabat eselon IV Kabupaten Grobogan.
  5. Hasil Kesepakatan Bersama dengan Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives adalah terlaksananya kerjasama dalam rangka memperkuat layanan kesehatan primer di Puskesmas Kradenan I.
  6. Hasil kerjasama dengan Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives adalah : Terlaksananya pembinaan, pengawasan, pengendalian, dan evaluasi pelayanan kesehatan primer di Puskesmas Kradenan I; dan Terlaksananya pemberian transfer of knowledge oleh Tim Pencerah Nusantara kepada Puskesmas Kradenan I untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan pencapaian program kesehatan.
  7. Hasil kerjasama dengan Poltekes Kemenkes Semarang adalah praktik kerja lapangan berorientasi pada pemecahan masalah kesehatan di masyarakat dengan melibatkan peran aktif seluruh masyarakat termasuk perangkat desa, tokoh masyarakat, kader serta pemuda, sebagai subyek pembangunan kesehatan di tingkat desa, sehingga masalah kesehatan yang dihadapi dapat diatasi masyarakat secara swadaya dengan fasilitasi mahasiswa dan jajaran kesehatan di tingkat desa.
  8. Hasil kerjasama dengan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang adalah terlaksananya : Peningkatan kapasitas sumber daya peternak dalam pengelolaan ternak; Peningkatan penerapan teknologi perbibitan; Peningkatan penerapan teknologi pakan; Peningkatan penerapan teknologi pengolahan limbah; Peningkatan pemahaman ilmu kesehatan hewan dan kesmavet; dan Peningkatan diversifikasi produk olahan ternak sesuai keinginan pasar dengan harga yang kompetitif.
  9. Hasil kerjasama dengan Education Development Center (EDC) FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah terlaksananya Pendidikan dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi 40 Guru SLTP se Kabupaten Grobogan Tahun 2016.
  10. Hasil Kesepakatan Bersama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, sampai saat ini adalah terlaksananya penggunaan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dalam rangka mendukung Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  11. Hasil Kesepakatan Bersama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta adalah terlaksananya kerjasama dalam bidang penelitian, konsultasi, pendampingan, pertukaran informasi dan data ilmiah serta penyelenggaraan pertemuan ilmiah sesuai kepentingan Pemerintah Kabupaten Grobogan maupun Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.
  12. Hasil kerjasama dengan PT. Gramedia ASRI Media Pandanaran Semarang adalah terlaksananya kegiatan Pameran buku murah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi melalui buku dan peningkatan minat dan budaya baca masyarakat Kabupaten Grobogan.
  13. Hasil kerjasama dengan STIKES Cendekia Utama Kudus adalah terlaksananya peningkatan jenjang pendidikan D III, D IV, S1 dan Profesi (Ners) untuk dapat meningkatkan hard skill dan soft skill bagi tenaga kesehatan sesuai kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat diimplementasikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Go to top