Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Prosedur Permohonan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di Kabupaten Grobogan.

A. PERSYARATAN PERIJINAN

1.  Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Baru

Pendaftaran perusahaan dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran perusahaan dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :

a.  Perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) :

  • Foto copy akta pendirian perseroan yang disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM;
  • Foto copy akte perubahan pendirian perseroan (apabila ada);
  • Asli dan foto copy keputusan pengesahan sebagai badan hukum dan persetujuan perubahan bagi PT yang telah berbadan hukum sebelum diberlakukannya Undang-undang Perseroan Terbatas;
  • Foto copy KTP atau Paspor Direktur Utama atau penanggung jawab;
  • Foto copy SIUP atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang.

b.  Perusahaan berbentuk Koperasi :

  • Foto copy akta pendirian koperasi;
  • Foto copy KTP pengurus;
  • Foto copy surat pengesahan sebagai badan hukum dari pejabat yang berwenang;
  • Foto copy ijin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang.

c. Perusahaan berbentuk CV :

  • Foto copy akta pendirian perusahaan;
  • Foto copy KTP atau paspor penanggung jawab / pengurus;
  • Foto copy SIUP atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang.

d. Perusahaan berbentuk Firma (Fa) :

  • Foto copy akta pendirian perusahaan;
  • Foto copy KTP atau paspor penanggung jawab / pengurus;
  • Foto copy ijin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang.

e. Perusahaan Perseorangan :

  • Foto copy akta pendirian perusahaan (apabila ada);
  • Foto copy KTP pengurus;
  • Foto copy ijin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang.

f.   Perusahaan berbentuk badan usaha lain :

  • Foto copy akta pendirian perusahaan;
  • Foto copy KTP atau paspor penanggung jawab / pengurus;
  • Foto copy ijin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang;

g.  Kantor Cabang, Kantor Pembantu dan Perwakilan Perusahaan :

  • Foto copy akta pendirian perusahaan  atau surat penunjukan atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu sebagai Kantor Cabang, Kantor Pembantu dan Perwakilan Perusahaan;
  • Foto copy KTP atau paspor penanggung jawab perusahaan;
  • Foto copy ijin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang  atau Kantor Pusat yang bersangkutan.

h.  Pendaftaran perusahaan bagi agen atau anak perusahaan berlaku ketentuan sebagaimana dimaksud angka 1 diatas sesuai dengan bentuk perusahaannya.

i.   Formulir pendaftaran PT sebagaimana dimaksud huruf a diatas ditandatangani oleh Direktur Utama atau Penanggungjawab.

j.   Formulir pendaftaran perusahaan sebagaimana dimaksud angka 1 huruf b sampai dengan angka g ditandatangani oleh Pengurus / Penanggungjawab / Pemilik.

 

2. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Penggantian

Perusahaan yang melakukan perubahan terhadap data yang didaftarkan dengan mengisi formulir perubahan yang sudah ditentukan dan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai berikut :

a.  Perseroan Terbatas (PT) :

i.   Perubahan anggaran dasar yang memerlukan pengesahan Menteri Hukum dan HAM melampirkan;

  • Foto copy akta perubahan anggaran dasar;
  • Asli dan foto copy pengesahan perubahan anggaran dasar;
  • TDP asli.

ii.  Perubahan anggaran dasar yang merupakan laporan kepada Menteri Hukum dan HAM melampirkan :

  • Foto copy akta perubahan anggaran dasar;
  • Asli dan foto copy laporan akta perubahan anggaran dasar perseroan yang telah diketahui dan diterima oleh Departemen Hukum dan HAM;
  • TDP asli.

iii. Perubahan pengurus perusahaan yang harus diberitahukan kepada Departemen Hukum dan HAM, melampirkan :

  • Asli dan foto copy risalah/berita acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tentang perubahan pengurus atau akta bermeterai risalah/berita acara RUPS yang dibuat oleh Notaris;
  • Asli dan foto copy bukti penerimaan pemberitahuan terjadinya perubahan dari Departemen Hukum dan HAM atau copy bukti/resi pengiriman pos;
  • TDP asli.

b. Koperasi, CV, Fa, Perorangan dan perusahaan lain, melampirkan :

  • Asli dan copy risalah/berita acara/keterangan sejenis tentang perubahan terhadap data yang didaftarkan dalam Daftar Perusahaan;
  • TDP asli.

c.  Perusahaan yang TDP-nya hilang wajib mengajukan penggantian secara tertulis dengan melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

 

3.  Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Pembaharuan

  1. Pembaharuan TDP dilakukan tanpa melampirkan persyaratan yang telah disampaikan pada waktu pendaftaran sebelumnya;
  2. Pembaharuan TDP diajukan dengan menyertakan TDP asli dan mengisi Formulir pendaftaran perusahaan yang sudah ditentukan;
  3. Perusahaan yang wajib Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan (LKTP) yang melakukan pembaharuan TDP wajib melampirkan copy SPT-LKTP tahun buku terakhir.

 

B. WAKTU PENYELESAIAN:

Waktu pemrosesan perijinan sejak diterimanya berkas permohonan berikut persyaratannya secara lengkap dan benar adalah 10 (sepuluh) hari kerja.

 

C. BIAYA PELAYANAN :

1. Besar Tarif retribusi TDP Baru dan TDP Pembaharuan :

  • Perseroan Terbatas (PT) Asing sebesar Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah);
  • Perseroan Terbatas (PT)  sebesar Rp. 400.000,00 (empat ratus ribu rupiah);
  • Koperasi sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah); 
  • Persekutuan Komanditer (CV) sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah);
  • Persekutuan Firma (Fa) sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah);
  • Perusahaan Perorangan sebesar Rp. 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah);
  • Bentuk perusahaan lainnya sebesar Rp. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

 

2. Besar tarif retribusi TDP Penggantian :

  • Perseroan Terbatas (PT) Asing sebesar Rp. 500.00,00 (lima ratus ribu rupiah);
  • Perseroan Terbatas (PT)  sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah);
  • Koperasi sebesar Rp. 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah);
  • Persekutuan Komanditer (CV) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah);
  • Persekutuan Firma (Fa) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah);
  • Perusahaan Perorangan sebesar Rp. 25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah);
  • Bentuk perusahaan lainnya sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).

 

3. Besar tarif retribusi permintaan informasi TDP :

  • Salinan resmi sebesar Rp. 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah);
  • Petikan/kutipan resmi sebesar Rp. 25.000,00 (dua puluh lima ribu rupiah);
  • Buku Informasi Perusahaan hasil olahan sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah).


 

Add comment

Berikan komentar dengan baik, hindari hal-hal yang bersifat negatif, provokatif, dan gunakan bahasa yang santun. Komentar dapat disampaikan tersendiri, atau menanggapi komentar yang sudah disampaikan orang lain dengan cara klik "quote". Kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang tidak pantas, mengandung spam, atau tidak layak untuk ditampilkan. Terima Kasih.


Security code
Refresh

Konten yang ditampilkan lebih bersifat informatif, apabila terdapat perbedaan data dengan data resmi (dokumen resmi),
maka yang menjadi acuan adalah data resmi (dokumen resmi) dari Pemerintah Kabupaten Grobogan.

escort bayan escort bayan bayan escort bursa escort escort bursa sex shop ankara escort ankara escort bayan ankara escort kızlar antalya escort antalya escort bayan istanbul escort istanbul escort bayan eskişehir escort eskişehir escort bayan adana escort adana escort bayan mersin escort mersin escort bayan izmit escort izmit escort bayan samsun escort samsun escort bayan ankara rus escort rus escort ankara film izle masaj salonu lojistik muhabbet tatil rehberi lazer epilasyon ucuz bilet wordpress lezbiyen webmaster forum Ayakkabı modelleri araba oyunu araba modelleri