HomeObjek WisataWaduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

kedungombo

Lokasi objek wisata Waduk Kedung Ombo terletak di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan kurang lebih 29 Km kearah selatan kota Purwodadi. Waduk ini merupakan salah satu bendungan terbesar yang pernah dibangun oleh pemerintah. Waduk yang mulai dibangun sekitar Tahun 1980, dan selesai pada Tahun 1991.

Lokasi Waduk Kedung Ombo tidak hanya terletak di Kabupaten Grobogan, melainkan menjadi batas wilayah antara Kab. Sragen dan Kab. Boyolali. Waduk ini dibangun pada pertemuan Sungai Uter dan Sungai Serang yang terletak persis di Dukuh Kedungombo, Desa Ngrambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.  

Kawasan Waduk Kedung Ombo mempunyai area seluas kurang lebih 6.576 Ha yang terdiri dari lahan perairan seluas 2.830 Ha dan lahan dataran seluas 3.746 Ha. Terdapat banyak pohon-pohon yang tumbuh di area waduk sehingga membuat suasana lebih asri dan rindang sehingga membuat para pengunjung betah disana.  

Selain disuguhi pemandangan nan indah, bagi pengunjung yang suka berlayar, disana juga disediakan jasa berpetualang atau memutari bendungan dengan perahu motor. Ditambah lagi terdapat area bermain anak yang asri dan rindang sehingga membuat anak-anak betah bermain disana.

Jika Anda penyuka ikan bakar atau hobi mengail ikan? Jangan khawatir, di Waduk Kedung Ombo juga tersedia tempat pemancingan sekaligus warung yang menjajakan aneka makanan olahan berbahan ikan. Begitu turun dari kendaraan di area parkir, aroma wangi ikan yang dibakar atau digoreng langsung menyergap, mengundang selera makan. 

Di kawasan Waduk Kedung Ombo, tepatnya di desa Ngargotirto, telah dibangun arena pacuan kuda dengan lintasan sepanjang 600 meter. Arena pacuan kuda yang diberi nama ‘Nyi Ageng Serang’ itu merupakan miniatur dari lapangan pacuan kuda Pulo Mas Jakarta. Pada bulan Desember 2006 silam di lokasi tersebut dilangsungkan kejuaraan pacuan kuda tingkat nasional memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah. 

kedungombo_01

Potensi pengembangan obyek wisata adalah memperbanyak homestay yang menyatu dengan rumah penduduk, sehingga para wisatawan dapat tinggal lebih lama di kawasan Waduk Kedung Ombo. Adanya homestay membuat wisatawan dapat melihat dari dekat kehidupan sehari-hari masyarakat, dan bahkan menjalani kehidupan seperti penduduk lokal, selang beberapa waktu. 

 Investasi juga dapat ditanam di sektor perikanan darat dengan metode karamba dan dilengkapi restoran apung. Di bantaran seputar waduk, cocok untuk mengembangkan usaha agrobisnis buah-buahan dan sayur mayur. Selain dekat dengan sumber air yang diambil dari waduk, kualitas air waduk juga bersih dari polutan.

Bila tak ingin setengah-setengah menerjuni bisnis pariwisata, investor bisa mengembangkan kompleks wisata terpadu di Kedung Ombo. Investor dapat memanfaatkan obyek wisata air, karamba serta restoran apung, dan arena pacuan kuda yang sudah tersedia, sembari membangun wisata agrobisnis, taman safari, lapangan golf, dan juga kereta gantung untuk menikmati pemandangan kompleks Kedungo mbo dari ketinggian. Bila kompleks wisata terpadu ini terwujud, pengunjung pasti akan memperoleh petualangan mengesankan, unik, dan dirindukan.

 

Comments  

 
0 #11 suroso 2014-04-02 18:00
untuk gantirugi lahan waduk kedung ombo emang kejan,tidak layak,emang orang pejabat hobi korupsi
Quote
 
 
0 #10 wahono 2013-11-27 00:11
Quoting ahmad murtadlo:
ooo.. ternyata waduk kedung ombo milik grobogan, kok jelek ya.... maaf bukan mengejek, tapi fakta memang begitu, jalan ke sana sangat super sekali. SUPER JELEK


pemda jateng setahu saya sudahsering perbaikan jalan akses ke waduk kedung ombo karena struktur tanah di sekitar menjadikan jalan ke waduk tersebut terkesan tdak pernak di perbaiki,


salam hormat semua
Putra Serang di NTB
Quote
 
 
-2 #9 ahmad murtadlo 2013-09-01 15:50
ooo.. ternyata waduk kedung ombo milik grobogan, kok jelek ya.... maaf bukan mengejek, tapi fakta memang begitu, jalan ke sana sangat super sekali. SUPER JELEK
Quote
 
 
+1 #8 sugengmarkenyik 2013-04-01 18:22
kurang di perhatikan dan optimalkan oleh pihak berwenang (pemda . sarana kurang memadai mas brow hehe...aq asli kedung ombo dan setahu saya kecil dukuh kedung ombo masuk desa kalang bancar,kec geyer
Quote
 
 
+2 #7 anwar 2013-02-10 02:57
mari kita bantu saudara kita yang kurang mampu di rambat, geyer, grobogan
Quote
 
 
+2 #6 nana 2013-01-26 10:44
Quoting m.taufiq yusuf:
jalanya diperbaiki dong untuk akses ke sana.......dan dijaga keamannya...untuk pemda daerah GROBOGAN PURWODADI

Jalan Solo - Purwodadi bagus, tapi menuju Waduk Kedung Ombo yang mudah rusak
Quote
 
 
0 #5 nana 2013-01-26 10:42
Dari jalan besar Solo - Porwodadi bagus, tapi menuju waduk mudah rusak
Quote
 
 
-2 #4 SAMPIR WAHONO 2012-12-03 21:54
UNTUK GROBOGAN BERSEMI,YANG AKU CINTAI''DIMANA AKU DILAHIRKAN DIBESARKAN''
''MARI KITA RAWAT DAN KITA BANGUN''UNTUK MENUJU GROBOGAN YANG MAJU DAN BERSEMI KEMBALI,,,
Quote
 
 
+2 #3 ilham 2012-06-28 10:21
Ea betul kata sobat di atas... Knapa jalan di purwodadi dan skitarnya smakin parah..? Sbenarnya banyak dari luar kota yang mau wisata ke purwodadi.. Berhubung jalan rusak parah..
Quote
 
 
+1 #2 ilham 2012-06-28 10:15
Grobogan Bersemi jalan yang menjadi kendala utama... Sbenernya sih.. Mau main ke sana tapi berhubung jalanya tidak karuan mending wisata yang deket2 aja... Cukup sendang Coyo aja...! Xixixii Knapa jalan Purwodadi dan Skitarnya tambah parah..? Apa yang harus di lakukan... Apa Kita harus diam saja..?
Quote
 

Add comment

Berikan komentar dengan baik, hindari hal-hal yang bersifat negatif, provokatif, dan gunakan bahasa yang santun. Komentar dapat disampaikan tersendiri, atau menanggapi komentar yang sudah disampaikan orang lain dengan cara klik "quote". Kami berhak untuk tidak menampilkan komentar yang tidak pantas, mengandung spam, atau tidak layak untuk ditampilkan. Terima Kasih.


Security code
Refresh

Konten yang ditampilkan lebih bersifat informatif, apabila terdapat perbedaan data dengan data resmi (dokumen resmi),
maka yang menjadi acuan adalah data resmi (dokumen resmi) dari Pemerintah Kabupaten Grobogan.

escort bayan escort bayan bayan escort bursa escort escort bursa sex shop ankara escort ankara escort bayan ankara escort kızlar antalya escort antalya escort bayan istanbul escort istanbul escort bayan eskişehir escort eskişehir escort bayan adana escort adana escort bayan mersin escort mersin escort bayan izmit escort izmit escort bayan samsun escort samsun escort bayan ankara rus escort rus escort ankara film izle masaj salonu lojistik muhabbet tatil rehberi lazer epilasyon ucuz bilet wordpress lezbiyen webmaster forum Ayakkabı modelleri araba oyunu araba modelleri
hd wallpapers || Sexy Wallpapers || Funny Games || hero cartoon