Kapolda JAteng dpn Kapolda Jateng Irjen Nur Ali mengungkapkan, untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, Polda Jateng sudah menyiapkan 14 ribu personil. Jumlah personil sebanyak itu disesuaikan dengan banyaknya daerah yang melangsungkan Pilkada tahun 2015, yakni sebanyak 20 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Tahun ini, ada cukup banyak kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang melaksanakan Pilkada serentak. Untuk pengamanan kegiatan itu kami sebanyak 14 ribu personil sudah kita siapkan,” kata kapolda setelah memberikan pengarahan di Mapolres Grobogan, Rabu (26/8).

Bupati Grobogan Bambang Pudjiono terlihat hadir dalam kunjungan Kapolda beserta jajarannya itu. Hadir pula, dua pasangan calon peserta Pilkada Grobogan, Icek Baskoro-Sugeng Prasetyo dan Sri Sumarni-Edy Maryono.

Kapolda meminta agar semua anggota untuk bersikap waspada dan memperhatikan informasi sekecil apapun yang berpotensi bisa mengganggu pelaksanaan Pilkada. Untuk itu koordinasi lintas sektoral dengan jajaran lain, seperti TNI dan Pemkab Grobogan perlu dilakukan dari tingkatan terbawah hingga level pimpinan.

“Kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait lainnya harus terus dilakukan. Sebab, aparat kepolisian tidak bisa bekerja sendirian dalam pengamanan Pilkada.,” pesannya. DNA

Kapolda juga sempat memuji harmonisnya hubungan kedua pasangan calon peserta Pilkada di Grobogan. Meski bakal bersaing dalam Pilkada namun kedua pasangan itu dinilai bisa rukun dan akrab satu sama lain. Hal ini menunjukkan jika kedua pasangan calon sudah bersikap dewasa dalam berdemokrasi dan kondisi itu bisa memunculkan iklim yang sejuk pada masyarakat. DANI AGUS

Go to top