Menu

Desa Rajek Kec. Godong

No

Desa / Kelurahan

Nama Hasil Survey

Nama Lain

Arti Nama

Sejarah Nama / Legenda

Koordinat Geografis

Keterangan

Lintang

Bujur

1

2

3

4

5

6

7

8

9

22

Desa Rajek

Rajek

-

Rajek= pagar

Pada masa perjuangan melawan penjajahan Belanda, wilayah yang sekarang bernama Desa Rajek, adalah tempat berkumpulnya para pejuang Indonesia. Suatu ketika para pejuang mendengar kabar bahwa tempat mereka akan diserang oleh tentara Belanda, sehingga para pejuangpun sepakat untuk menghadapi dan menghalangi tentara Belanda, dengan cara merobohkan jembatan yang menghubungkan dengan wilayah mereka. Akhirnya tentara Belanda pun menyerang, tapi karena jembatan telah dirobohkan, maka tentara Belanda tidak bisa masuk ke desa, mereka akhirnya menyerang dengan cara menembakkan peluru ke arah desa. Namun anehnya peluru-peluru Belanda tidak bisa sampai ke sasaran/tidak bisa masuk ke desa, dan akhirnya para pejuang bangsa Indonesia semua selamat tidak ada yang gugur. Dengan adanya peristiwa tersebut, maka akhirnya tempat tersebut dikenal dengan nama Desa Rajek, yang berarti pagar, dan bermakna memagari para pejuang dari serangan Belanda.

Sampai sekarang nama-nama tempat berkumpulnya para pejuang Bangsa Indonesia di Desa Rajek masih dikenal, yaitu :

Sawah sebelah Barat dinamakan Blok Silak, sebelah Selatan dinamakan Blok Macan, sebelah Timur dinamakan Blok Begal, dan sebelah Utara   Blok Langgeng.                                                           

07°02'00" S

110°44'33" T

Luas Wilayah= 3,76 km2

Jml Penduduk per Pebruari 2012= 2.731 jiwa, L= 1.372 jiwa, P= 1.359 jiwa

Jml Dusun= 2 (Rajek, Tegalrejo)

Jumlah RT/RW= 17 RT, 3 RW

Fasilitas Pendidikan= 2 TK, 1 SD, 1 MI, 2 Madin

Potensi Perekonomian= Pertanian (padi, kacang hijau, sayuran, jambu citra), Peternakan (sapi, kerbau, kambing, unggas), Perikanan (lele), Home Industri (mebelair, tempe, kripik pisang)

Sumber : Rupabumi Wilayah Administrasi Desa-Kelurahan Kabupaten Grobogan Tahun 2012

 

Go to top