Menu

Kecamatan Grobogan (Keadaan Tahun 2011)

Letak Geografis

Kecamatan Grobogan sebelah selatan memiliki relief daerah pegunungan kapur dan perbukitan serta berada pada ketinggian sampai 50 meter di atas permukaan air laut dengan kelerengan 0° - 8° Dilihat dari Peta Kabupaten Grobogan, terletak disebelah utara kota Purwodadi.  Detail peta Kecamatan ini dapat ditelusuri melalui Google Maps, atau silakan klik disini.

Adapun Potensi di wilayah kecamatan ini meliputi Pertanian (padi, palawija), Perikanan (lele, nila), serta Peternakan (sapi, kambing, ayam buras dan ras).

Grobogan berasal dari kata Grobog yang artinya tempat untuk menyimpan pusaka. Kecamatan Grobogan dulunya pernah ditempati sebagai Kabupaten pertama, oleh karena letaknya kurang strategis maka dipindahkan di Purwodadi, disamping itu juga pernah sebagai ibukota Kawedanan.

Kecamatan Grobogan sebagaimana kecamatan lain di Grobogan terbentuk bersama-sama dengan terbentuknya Kabupaten Grobogan yaitu berdasarkan UU No. 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten di lingkungan Propinsi Jawa Tengah. 

 

Luas Wilayah

Secara administratif Kecamatan Grobogan terdiri dari 12 Desa, 448 RT, dan 79 RW dengan ibukota berada di Kelurahan Grobogan. Kecamatan ini mempunyai luas 104,56 Km2 dengan jumlah penduduk pada keadaan Bulan September Tahun 2011 sebanyak 69.103 jiwa, sebagaimana tabel di bawah ini.

grobogan-1

 

Aspek Umum

Pada tahun 2010, produksi pertanian terbesar di kecamatan ini adalah komoditas jagung yang mencapai 32.914 ton, diantara produksi pertanian yang lain. Produksi jagung di kecamatan ini mencapai 4,65% dari total produksi di Kabupaten Grobogan yang mencapai 708.013 ton.

Produksi perikanan dari produksi perairan umum lebih tinggi dibandingkan perairan umum, yang mencapai 24.728 Kg. Sementara produksi dari kolam mencapai 24.305 Kg. Sedangkan untuk peternakan, jumlah ternak kambing mencapai 11.182 ekor, sapi potong mencapai 6.710 ekor.

Industri yang berkembang masih didominasi industri rumah tangga yang mencapai 1.374 unit, industri kecil mencapai 35 unit, industri sedang sebanyak 2 unit. Sedangkan untuk industri besar belum berkembang di kecamatan ini. Selanjutnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

grobogan-2

 

Go to top