plan dpnSelama 11 tahun menjalankan program kerjanya, Pemkab Grobogan merasa sangat terbantu dengan keberadaan Plan International Indonesia. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Grobogan Sugiyanto, saat ramah tamah dengan Tim Pusat dan Country Director Plan International Indonesia Program Unit Grobogan di Ruang Riptaloka, Senin (1/2/2016) malam.

“Banyak sekali yang sudah dilakukan Plan selama melaksanakan programnya di Grobogan. Dan, Pemkab Grobogan mengucapkan terima kasih atas sumbangan yang diberikan Plan selama ini,” ungkapnya.
Menurutnya, selama berada di Grobogan ada beberapa bidang yang digarap Plan di sejumlah kecamatan. Diantaranya masalah perlindungan anak, sanitasi, air bersih dan penyehatan lingkungan, pendidikan, pengelolaan risiko bencana, serta pemberdayaan ekonomi.
Secara resmi program Plan disini sudah selesai Juni 2015 lalu. Meski demikiabn, kita harapkan program yang ditinggalkan Plan nantinya bisa terus dilanjutkan oleh masyarakat.
Sugiyanto menambahkan, selama di Grobogan, sudah banyak prestasi yang diraih. Antara lain terbitnya Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Anak, yang menjamin terpenuhinya hak-hak anak di setiap program pembangunan. Keberhasilan lain, dengan terpilihnya Grobogan sebagai pelaksana Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terbaik di Indonesia.
Kabupaten Grobogan juga secara berturut-turut berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten yang menuju Kabupaten Layak Anak, pada tahun 2009 dan 2011. Tahun 2012, 2013 dan 2015 Kabupaten Grobogan juga berhasil dapat penghargaan dan dinyatakan sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama. DNA