akmil2 dpnPara taruna Akmil Magelang yang akan melangsungkan praja bakti di Grobogan akhir bulan nanti rencananya akan ditempatkan di 19 desa yang ada di empat kecamatan. Masing-masing, Kecamatan Purwodadi 5 desa, Kecamatan Toroh 6 desa, Kecamatan Penawangan 3 desa dan Kecamatan Godong 5 desa.


Kepastian lokasi praja bakti itu terungkap dalam rakor lanjutan dengan pembina Akmil dan sejumlah perwira Kodim 0717 Purwodadi yang dilangsungkan di ruang rapat wakil bupati, Selasa (2/2/2016). Rapat yang dipandu Asisten II Dasuki juga dihadiri Sekda Grobogan Sugiyanto.
Selain PP penentuan lokasi, rakor juga membahas beberapa hal terkait lainnya. Seperti, persiapan upacara, aktivitas yang dilakukan para taruna selama praja bakti yang dijadwalkan mulai 29 Februari sampai 5 Maret mendatang.
"Kami minta semua instansi memberikan dukungan maksimal agar kegiatan Praja Bakti ini berjalan lancar. Demikian pula, pihak desa kami minta bersiap untuk menyambut kedatangan para taruna," kata Sugiyanto.
Sementara itu, Dirbindik Akmil Kol Inf Eka Wiharsa dalam kesempatan sebelumnya menyatakan, jumlah taruna yang akan mengikuti kegiatan praja bakti sebanyak 459 orang. Terdiri dari 230 orang taruna tingkat II dan 229 orang taruna tingkat III.
Sebelum melakukan kegiatan, pihak Akmil perlu menggelar koordinasi dengan banyak pihak, khususnya dengan Pemkab, kodim dan kepolisian. Hal itu diperlukan karena ada banyak persiapan yang harus dilakukan.
Seperti, penentuan lokasi desa dan kecamatan yang akan dipakai praja bakti. Kemudian menentukan rumah penduduk yang dijadikan tempat tinggal para peserta kegiatan serta beberapa hal teknis lainnya.
"Kegiatan praja bakti ini pesertanya cukup banyak. Jadi, persiapan harus dilakukan dengan cermat," kata Eka. DNA