voip dpnSebuah terobosan baru dilakukan Pemkab Grobogan melalui Dishubkominfo dalam memudahkan akses komunikasi antar SKPD hingga desa. Yakni, dengan membuat layanan telepon voice over internet protocol (VOIP).
Usai Rakor Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang digelar di pendapa kabupaten, Kamis (19/5/2016), Bupati Grobogan Sri Sumarni sempat mencoba menggunakan layanan telepon VOIP tersebut. Desa yang dihubungi melalui telepon adalah Desa Wates, Kecamatan Kedungjati.

“Selamat siang, perkenalkan saya Sri Sumarni, Bupati Grobogan. Dengan siapa saya bicara,” ujarnya melalui sambungan telepon.
Dari seberang sana, ada suara seorang pria yang menjawab panggilan Sri Sumarni. Yakni, salah seorang perangkat Desa Wates yang menjabat sebagai kaur.
Kepada perangkat desa tersebut, bupati sempat menanyakan kondisi desa dan berbagai persoalan yang barangkali perlu dicarikan solusi. Dia juga berpesan agar perangkat desa selalu ramah dan siap setiap saat dalam melayani masyarakat.
Kepala Dishubkominfo Grobogan Agung Sutanto menyatakan, hingga bulan Mei ini pihaknya sudah membangun infrastruktur jaringan wide area networks (WAN) yang bisa menghubungkan semua komputer dinas, kantor, kelurahan dan desa. Hingga saat ini, sudah ada 30 dinas/kantor, 19 kecamatan, 7 kelurahan dan 31 desa yang terkoneksi melalui jaringan tersebut.
“Melalui jaringan ini banyak manfaat yang kita dapatkan. Selain itu, biayanya juga jauh lebih murah. Seperti pada penggunaan telepon VOIP yang tanpa pulsa,” katanya. DNA