LPAD dpnJika ada permasalahan yang menimpa anak, masyarakat diminta untuk memanfaatkan adanya Lembaga Perlindungan Anak Desa (LPAD). Sebab saat ini, lembaga tersebut sudah ada di 273 desa dan 7 kelurahan yang ada di Grobogan.

’’Disetiap desa maupun kelurahan saat ini sudah ada LPAD. Dengan adanya lembaga ini, diharapkan bisa mengurangi kasus kekerasan yang menimpa anak,” ujar Kabid Perlindungan Anak dan Perempuan BP3AKB Grobogan Lestariningsih didampingi Kasubid PPPKHA Suparman, usai menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas Forum Anak di Gedung Riptaloka, Selasa (24/5/2016).

Menurutnya, selain LPAD saat ini juga sudah mulai terbentuk forum anak di level kecamatan. Direncanakan dalam waktu dekat akan dibentuk hingga tingkat desa. Forum anak ini anggotanya adalah anak-anak berusia dibawah 18 tahun. Mereka nanti diharapkan dapat mengajak teman sebayanya untuk memahami hak-hak anak.

’’Kami harap dari sini mereka dapat menyampaikannya pada teman-temannya di forum anak. Mulai hak-hak anak sampai undang-undang perlindungan anak. Dengan begitu, anak-anak dapat mengetahuinya sejak ini,’’ katanya.

Sementara itu, Erry Pratama Putra dari Pro Child Community Indonesia selaku pembicara dalam kesempatan itu menyatakan, selain memiliki hak, anak juga harus menjalankan kewajibannya. Seperti hormat pada orangtua, wali dan guru. Anak juga wajib mencintai keluarga, masyarakat serta teman, mencintai tanah air, bangsa dan negara, menunaikan ibadah sesuai ajaran agama, dan melaksanakan etika serta berakhlak yang mulia.

“Manfaat forum anak adalah sebagai media komunikasi anak-anak, orang dewasa, orang tua, pemerintah dan masyarakat dalam pemenuhan hak-haknya. Dengan begitu, anak dapat memperoleh perluang atau ruang untuk berpartisipasi,” terangnya. DNA