Tab 3 Resolusi 179 X 119Makin meningkatnya jumlah penduduk mendapat perhatian serius dari Bupati Grobogan Sri Sumarni. Hal itu terungkap saat ia menerima kedatangan tim penilai Lomba Bhayangkara, Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (BKKBPK) Tingkat Provinsi Jateng di Desa Sedadi, Kecamatan Penawangan, Senin (30/5/2016).

“Seperti kita ketahui, ledakan penduduk ini harus kita sikapi dengan serius. Untuk itu, salah satu pihak yang kita minta bekerja maksimal adalah para penyuluh KB,” katanya.

Bupati mengatakan, untuk mengoptimalkan komunikasi, informasi dan edukasi pada masyarakat. Hal ini penting dilakukan agar muncul kesadaran dari masyarakat tentang masalah KB tersebut.

Di samping itu, kualitas petugas lainnya yang berperan dalam bidang tersebut juga perlu ditingkatkan. Seperti dokter, bidan, serta institusi masyarakat pedesaan lainnya sehingga diharapkan program KB dapat terlaksana dengan baik.

Menurutnya, sinergitas untuk menjalankan program BKKBPK sangat diperlukan. Sebab, program tersebut mempunyai tujuan untuk mewujudkan keseimbangan antara kualitas, kuantitas dan persebaran penduduk serta lingkungan hidup. Di samping itu dapat meningkatkan kualitas keluarga agar lebih aman, tentram dan memiliki harapan masa depan yang lebih baik.

“Adanya penilaian lomba ini secara tidak langsung dapat memberikan motivasi bagi masyarakat. Terutama untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya program ini. Kami berikan apresiasi dan terimakasih pada tim penilai karena telah menunjuk Grobogan sebagai salah satu wakil dari wilayah bakorwil I Pati untuk mengikuti lomba,” imbuh mantan Ketua DPRD Grobogan itu. DNA