cacat dpnBupati Grobogan Sri Sumarni, Sabtu (11/6/2016) menyerahkan bantuan alat bantu jalan pada penyandang disabilitas di Kantor Kecamatan Wirosari. Bantuan peralatan tersebut diserahkan pada 13 penyandang disabilitas yang tersebar di beberapa kecamatan.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta agar dinas terkait, membuat pendataan jumlah penyandang disabilitas yang ada diwilayahnya. Hal itu diperlukan agar Pemkab bisa membuatkan program, khususnya bantuan peralatan pada penyandang disabilitas tersebut.

“Kami berharap dinas terkait dibantu camat dan kades bisa membuat database penyandang disabilitas se-kabupaten. Kalau punya data yang lengkap akan memudahkan dan membantu ketika membikin program untuk mereka,” tegasnya.

Selain melakukan pendaataan, dinas terkait juga diminta lebih aktif menjalin komunikasi dan koordinasi dengan yayasan sosial di berbagai daerah. Sebab, seringkali yayasan tersebut punya berbagai program, khususnya bantuan yang disalurkan pada penyandang disabilitas.

“Bantuan yang kita serahkan ini didapatkan berkat kerjasama dengan Yayasan Sosial Berani Bangsa Jakarta. Inilah salah satu manfaat menjalin komunikasi dan koordinasi dengan yayasan sosial tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsosnakertrans Grobogan Andung Sutiyoso menambahkan, jenis bantuan peralatan itu ada empat macam. Masing-masing, 8 unit kursi roda, 2 walker, 2 kruk dan 1 tongkat netra. DNA