DSC 0633kRibuan warga Grobogan mengikuti acara apel bersama yang dilangsungkan di Alun-alun Purwodadi, Kamis (21/7/2016). Ribuan warga ini berasal dari berbagai elemen masyarakat. Mulai pelajar, ormas, PNS, swasta, pondok pesantren dan komunitas.

Kegiatan apel bersama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kecintaan pada NKRI. Apel bersama juga sebagai wujud sikap warga Grobogan untuk menolak terhadap paham radikalisme, ISIS, dan segala bentuk aksi teror.

Bupati Grobogan Sri Sumarni bertindak selaku pembina apel bersama dalam acara tersebut. Hadir pula dalam kesempatan itu, Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning, Dandim 0717 Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning, Kajari Grobogan Abdullah dan pimpinan FKPD lainnya. Hadir pula para pimpinan SKPD, jajaran muspika, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Saya sampaikan terima kasih pada semua elemen masyarakat yang ikut menolak terhadap segala macam paham radikalisme. Dalam memerangi paham radikalisme ini, pemerintah memang membutuhkan peran serta dari seluruh masyarakat,” tegasnya.

Acara apel bersama juga ditandai dengan pembacaan ikrar penolakan terhadap paham radikalisme. Kemudian ada pula acara penandatanganan dukungan kepada TNI/Polri dalam memberantas terorisme. Penandatanganan dukungan ini diawali oleh bupati dan diikuti pejabat lainnya serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning menyatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan dari berbagai elemen masyarakat di Grobogan untuk menangkal masuknya paham radikalisme. Dia meminta agar masyarakat ikut berperan aktif dengan melaporkan pada pihak berwajib jika disekitarnya ditemukan adanya aktivitas yang mencurigakan.

“Selama ini, wilayah Grobogan relatif aman dan kondusif. Namun, hal ini tidak boleh membuat kita lengah dan harus selalu bersikap waspada,” katanya. DNA