job dpnPelaksanaan job fair atau pameran bursa kerja yang digelar Dinsosnakertrans Grobogan 20-21 Juli 2016, dinilai punya banyak manfaat. Salah satunya, bisa mengurangi angka pengangguran. Demikian disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat membuka job fair yang dilangsungkan di Gedung Wisuda Budaya.

“Dalam even job fair ini pasti ada banyak pencari kerja yang akhirnya memperoleh pekerjaan. Setidaknya, para pencari kerja punya pengalaman bagaimana proses untuk mendapatkan pekerjaan,” katanya.
Menurutnya, permasalahan pengangguran bersifat multi dimensional. Di mana, secara politik, sosial, dan ekonomi sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat luas.
Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini perlu dukungan kebijakan pembangunan di bidang ketenagakerjaan yang bersifat menyeluruh. Penempatan tenaga kerja yang tepat akan membantu perkembangan kegiatan dunia usaha dan ekonomi.
Ditambahkan, sedikitnya penyerapan pekerjaan diakibatkan beberapa faktor. Yakni jenis ketrampilan pekerja tidak sesuai dengan yang disyaratkan penyedia pekerjaan. Selain itu, jabatan atau posisi pekerjaan yang ditawarkan kurang diminati pencari kerja. Ditambah kecenderungan pencari kerja menginginkan yang instan, yakni posisi atau jabatan dan gaji yang tinggi.
Sementara itu, Kepala Dinsosnakertrans Grobogan menambahkan, dalam job fair kali ini ada 34 perusahaan yang ambil bagian. Sementara jumlah lowongan ada 5.961 lowongan pekerjaan. DNA