anak dpnBupati Grobogan Sri Sumarni meminta agar semua pihak ikut peduli dengan masih tingginya angka pernikahan dini yang terjadi tiap tahun. Dimana, pada 2015 lalu tercatat 911.644 kejadian perkawinan usia anak atau dini di Indonesia.

Dari jumlah ini sebanyak 3.268 kejadian terjadi di Kabupaten Grobogan. Hal itu dinilai cukup mengkhawatirkan dan perlu perhatian bersama.
Menurut bupati, orang tua mempunyai peran penting dalam mencegah terjadinya pernikahan usia dini. Sebab, pengawasan dan pola asuh merupakan tanggung jawab dari orang tua. Di samping itu, pemahaman norma agama yang kurang juga menjadi salah satu faktor penyebab.
”Banyak orang tua yang beranggapan anak segera dinikahkan agar meringankan beban perekonomian keluarga. Bahkan, banyak yang terpengaruh budaya menghindari stigma anaknya menjadi perawan tua,” terang bupati saat menghadiri acara pelantikan Forum Persatuan Anak Grobogan.
Dalam kegiatan tersebut, ada 20 anak yang dilantik menjadi pengurus Forum Pesatuan Anak Grobogan periode 2016-2019. Pelantikan dilakukan Bupati Grobogan Sri Sumarni. Usai dilantik, para pengurus langsung mendapatkan bekal pencegahan pernikahan usia anak oleh Dosen Psikologi UNIKA, Kuriake Kharismawan. DNA