DSC 3079d resize small more 40

Bupati Grobogan Sri Sumarni, Minggu (28/8/2016) menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) saat berlangsung peringatan HUT ke-66 Pemrov Jateng yang dilangsungkan di Kota Magelang. Penghargaan itu diserahkan Deputi Manager MURI Ariani Siregar dan disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Penghargaan MURI itu diberikan atas pembuatan Mie Jagung dengan Varian Pewarnaan Alami Terbanyak (21 warna). Mie Jagung dengan varian pewarna alami terbanyak ini dicatat pada Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai rekor terbaru ke-7.563.

Mie Jagung ini merupakan hasil inovasi dari UKM Pengolah Pangan Lokal di Kabupaten Grobogan yang menjadi binaan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan UNIKA Semarang. Mie Jagung yang diberi pewarna alami tersebut lebih aman dan merupakan makanan sehat untuk dikonsumsi.

Bupati Sri Sumarni mengaku sangat bangga dengan penghargaan yang diterimanya tersebut. Dia juga mengapresiasi kreativitas yang dilakukan untuk membuat mie jagung dengan varian pewarna alami tersebut.

Menurutnya, selama ini, wilayah Grobogan merupakan salah satu penghasil jagung paling besar di Indonesia. Dengan adanya kreasi seperti pembuatan mie tersebut maka potensi jagung nantinya bisa dimanfaatkan lebih lanjut untuk mengurangi ketergatungan dari bahan import.

“Potensi jagung Grobogan mencapai 700 ribu ton per tahun. Kedepan, bahan ini bisa dmaksimalkan untuk mengurangi ketergantungan beras dan bahan pangan import,” katanya. DNA