DSC5373 iconWartawan Diminta Ikut Publikasikan Keberhasilan Pemerintah Daerah
Para wartawan diminta tidak hanya menjalankan fungsi kontrol sosial saja. Tetapi, juga diminta untuk ikut memberitakan keberhasilan yang dicapai pemerintah daerah.
Demikian disampaikan Staf Ahli Bupati Aditya Wahyu Wardana saat membuka acara Konferensi Kabupaten (Konferkab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Grobogan dan Sosialisasi Undang-undang Pokok Pers No 40 Tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalistik yang dilangsungkan di Gedung Riptaloka, Sabtu (10/9/2016).

“Apa yang selama ini masih kurang baik, silahkan dikritisi. Sebaliknya, kalau ada keberhasilan hendaknya juga dipublikasikan biar masyarakat luas mengerti,” katanya.
Pada acara tersebut, dilangsungkan pula pelantikan pengurus PWI Grobogan periode 2016-2019 yang diketuai M Taslim Hadi. Pelantikan pegurus PWI Grobogan dilakukan oleh Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud.
Selain Amir, hadir pula, Ketua Dewan Kehormatan PWI Jateng Sri Mulyadi, Sekretaris PWI Jateng Isdiyanto dan beberapa pengurus lainnya. Acara pelantikan pengurus PWI Grobogan juga dihadiri perwakilan FKPD dan pejabat terkait.
Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud meminta kepada para pejabat agar tidak takut terhadap wartawan. Apabila ada oknum yang mengaku wartawan dan melakukan tindakan diluar kegiatan jurnalisme, seperti melakukan pemerasan maka sebaiknya dilaporkan pada aparat kepolisian.
“Kami minta para pejabat atau siapapun agar tidak takut dengan wartawan. Sebab, sosok orang yang benar-benar berprofesi sebagai wartawan itu tidak menakutkan bagi siapapun,” katanya.
Amin menjelaskan, wartawan sebenarnya merupakan profesi terhormat. Hanya saja, selama ini masih ada oknum yang mengatas namakan wartawan dan memanfaatkan profesi ini.
“Untuk menghindari hal tersebut, maka pihak dinas atau lembaga tidak perlu takut menghadapi mereka. Jangan sungkan untuk menyakan dan mencatat identitas mereka. Jika mereka berbuat yang tidak menyenangkan, segera laporkan pada pihak kepolisian atau ke PWI di wilayah ini,” tegasnya. DNA