siskamling 1Pelaksanaan upacara memperingati HUT ke-71 Bhayangkara dilangsungkan di alun-alun Purwodadi, Senin (10/7/2017). Bupati Sri Sumarni bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam kesempatan tersebut.

Rangkaian upacara juga dimeraihakan dengan suguhan tarian tek-tek kamling. Tarian ini dibawakan oleh paguyuban Tek-Tek Kamling dari Desa Sindurejo, Kecamatan Toroh. Selain itu, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Toroh dan Babinsa Koramil Toroh ikut serta berkolaborasi dalam tarian tersebut.

Bupati Sri Sumarni menyatakan, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram tidak bisa dilakukan oleh beberapa instansi saja. Tetapi butuh pula kesadaran warga. Caranya, dengan menggalakkan lagi sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Siskamling ini perlu digalakkan lagi. Sebab, melalui siskamling sangat efektif meminimalisasi terjadinya tindak kejahatan,” tegasnya.

Bupati mengimbau kepada seluruh camat, kepala desa dan kepala kelurahan untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah tugasnya masing-masing dengan mengaktifikan kembali siskamling. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat setempat.

Selain mengaktifkan kembali siskamling, bupati meminta dukungan masyarakat dengan memberikan informasi apabila menemukan orang tidak dikenal dengan gelagat mencurigakan di sekitar tempat tinggal masing-masing. Ia juga minta kepada aparat pemerintahan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, supaya bersinergi dengan babinsa dan babinkamtibmas.

“Seluruh komponen masyarakat harus selalu peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan,” pesannya. DNA

 

Go to top