masyarakatsehat 1Bupati Grobogan Sri Sumarni mencanangkan gerakan masyarakat sehat (Germas) di GOR Simpanglima, Kamis (13/7/2017). Acara yang diprakarsai Dinas Kesehatan Grobogan itu juga dihadiri jajaran FKPD dan para pejabat terkait serta tim penggerak PKK.

Germas merupakan gerakan nasional yang diperkasai oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rangka penguatan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, dalam rangka memasyarakatkan paradigma hidup sehat.

Gerakan ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk serta menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran biaya kesehatan.

Kampanye Germas difokuskan pada pola hidup sehat yang mudah dan murah. Seperti berolahraga dan beraktifitas positif, makan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba atau alcohol serta melakukan pemeriksaan fisik secara berkala.

Bupati menjelaskan, kampanye Germas ini merupakan upaya mengajak masyarakat supaya punya kemauan dan kesadaran untuk berperilaku sehat. Gerakan ini akan bisa berjalan efektif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat apabila kampanye Germas dilaksanakan secara terorganisir secara sistematis di seluruh lapisan masyarakat. DNA

Go to top