PKKkabupaten 1Masih banyaknya pengguna narkoba dikalangan generasi muda mendapat perhatian serius dari Bupati Grobogan Sri Sumarni. Untuk mencegah generasi muda di Grobogan jadi korban, bupati menggandeng para pengurus PKK hingga level desa untuk bersama-sama memerangi narkoba. Sebelum melakukan tugasnya, para pengurus PKK terlebih dahulu mendapat penyuluhan bahaya narkoba.

“Narkoba ini merupakan salah satu masalah kompleks yang harus ditanggulangi berbagai elemen masyarakat. Salah satunya bisa mengoptimalkan peran pengurus PKK hingga ke tingkat desa,” kata bupati, saat membuka penyuluhan bahaya narkoba bagi pengurus PKK se-kabupaten, Sabtu (7/10/2017).

Menurutnya, dampak Narkoba tidak hanya menyasar aspek kesehatan, namun juga keamanan, aspek ekonomi hingga dapat mengancam keberlangsungan bangsa dan negara Indonesia. Hal itu dapat kita lihat dari dinamika di lapangan, dimana narkoba tidak hanya menyerang kelompok ataupun kalangan tertentu saja, namun sudah merasuk ke berbagai lini kehidupan negeri ini. Tidak menutup kemungkinan, narkoba akan menyerang siapa saja termasuk keluarga, aparatur negara, anak-anak yang merupakan generasi penerus.

Bupati menegaskan, gerakan PKK merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Peran Tim Penggerak PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa adalah sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak masyarakat.

Salah satu tujuan utama Tim Penggerak PKK adalah mengupayakan agar sebuah keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri. Dalam melaksanakan tugasnya, terutama berkaitan pada pembinaan teknis kepada keluarga dan masyarakat dilakukan bekerjasama dengan unsur dinas instansi terkait.

“Melibatkan PKK untuk memerangi narkoba sudah sesuai fungsinya. Pengurus PKK nantinya bisa ikut memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba pada masyarakat,” imbuhnya. DNA

 

 

Go to top