brebesbupati 1Pemkab Grobogan menerima kunjungan tamu cukup istimewa, Selasa (21/11/2017). Yakni, kunjungan kerja Bupati Brebes Idza Priyanti bersama sejumlah pejabat setempat. 

Rombongan dari Brebes diterima langsung Bupati Grobogan Sri Sumarni di ruang rapat wakil bupati. Tampak pula dalam kesempatan itu. Kepala DPUPR Subiyono, Kepala Bappeda Anang Armunanto, Kabag Pembangunan Siswanto dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Bupati Brebes Idza Priyanti menyatakan, keberhasilan Pemkab Grobogan bisa mendapatkan pinjaman dari pihak ketiga u

tuk membiayai perbaikan infrastruktur jalan ternyata mengundang ketertarikan daerah lain untuk menimba ilmu. Salah satunya datang dari Pemkab Brebes yang sengaja datang ke Grobogan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai prosedur mendapatkan pinjaman tersebut.

“Seperti diketahui, pendapatan asli daerah yang kita miliki tidak terlalu besar sehingga butuh sumber dana lain untuk membiayai perbaikan infrastruktur di Brebes. Salah satu yang memungkinkan adalah melakukan pinjaman pada pihak ketiga seperti di Grobogan,” kata Idza.

Menurutnya, dana pinjaman diperlukan untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur. Prioritas utama adalah perbaikan jalan milik kabupaten. Selain itu, perbaikan infrastruktur lainnya juga jadi sasaran berikutnya. Seperti pasar dan penyediaan layanan kesehatan.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan, pada tahun 2017 ini, pihakny

memang mengajukan pinjaman sebesar Rp 200 miliar melalui Bank Jateng. Seluruh dana pinjaman dialokasikan untuk perbaikan jalan sepanjang 66,3 km yang sudah selesai dikerjakan pada tahun ini, 

“Masyarakat sudah sangat menantikan perbaikan jalan tetapi anggaran kita terbatas. Salah satu upayanya adalah melakukan pinjaman,” katanya.

Menurutnya, dalam melakukan pinjaman memang butuh proses cukup panjang. Mulai mempersiapkan rencana, membahas dengan dinas terknis terkait serta harus mendapatkan persetujuan dari DPRD. Setelah itu, perlu pula melakukan pengajuan kepada Mendagri untuk mendapatkan persetujuan. DNA

 

 

Go to top