perempuanandil 1Pemkab Grobogan melangsungkan upacara peringatan Hari Ibu ke-89, Kamis (21/12/2017). Bupati Grobogan Sri Sumarni bertindak selaku inspektur upacara yang dilangsungkan di halaman setda tersebut. Upacara juga diikuti jajaran Forkopimda, kepala SKPD, PNS dan organisasi kaum perempuan, seperti Dharma Wanita, GOW, dan PKK.

Dalam sambutannya, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam mewujudkan kesetaraan gender membutuhkan proses dan waktu yang lama. "Perjalanan panjang selama 89 tahun ini telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia," katanya.

Dikatakan, kaum perempuan harus mempunyai peran dan ikut serta dalam pembangunan berkelanjutan sampai tahun 2030 dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan. Atas dasar inilah, Peringatan Hari Ibu ke 89 mempunyai tema Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya dengan dua subtema.

Yakni, meningkatkan akses ekonomi bagi perempuan mandiri, sejahtera, dan bebas dari kekerasan. Kedua, perempuan harus ikut serta dalam peningkatan ketahanan keluarga yang kuat dalam berbagai bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat dan kuat dalam menyikapi berbgai budaya.

Bupati mengajak juga kepada semua elemen untuk bersama-sama menghadapi tantangan dalam membangun Grobogan juga Indonesia pada umumnya. "Mari kita bangun bersama meski latar belakang kita berbeda. Semua perempuan di Kabupaten Grobogan harus bersatu padu untuk membangun daerah, bangsa dan negara kita," lanjutnya.

Dalam upacara ini bupati sempat menyerahkan sebuah satu unit smartphone kepada para perwakilan PKK. Usai upacara bendera, bupati dan pejabat meninjau pameran UMKM di pelataran parkir Setda. DNA