zakatBansos 1Sekda Grobogan Moh Sumarsono mengimbau para PNS supaya menyalurkan zakatnya melalui lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal itu disampaikan Sumarsono saat menghadiri acara pelantikan pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di berbagai SKPD yang dilangsungkan di gedung Riptaloka, Setda Grobogan, Rabu (31/1/2018).

“Jumlah PNS yang menyalurkan zakat lewat Baznas memang mulai meningkat. Saya mengimbau kalau bisa zakat PNS bisa disalurkan lewat Baznas. Sejauh ini, saya juga menyalurkan zakat lewat Baznas. Setiap bulan, gaji saya otomatis langsung dipotong zakatnya,” cetusnya.

Ia menilai, kinerja Baznas selama ini sudah cukup bagus. Meski baru ada pada tahun 2015 lalu namun jumlah zakat dan infak uang yang dikelola sudah mencapai Rp 2 miliar per tahun.
Ia juga mengapresiasi banyaknya program pendistribusian zakat yang sudah dilakukan Baznas sejauh ini. Seperti, rehab rumah tidak layak huni, bantuan panti asuhan, dan layanan ambulans gratis.

Sekda menegaskan, Pemkab Grobogan akan terus mendorong supaya kinerja Baznas bisa terus meningkat. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah mengalokasikan bantuan hibah Baznas senilai Rp 100 juta pada tahun ini. Sedangkan pada tahun anggaran 2018 dinaikkan sebesar Rp 200 juta.