jamasan 1Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke-292 dimulai, Jumat (9/2/2018). Yakni, ritual penjamasan puluhan benda pusaka yang tersimpan di Museum Purbakala Grobogan. Ada sekitar 10 orang bertugas membersihkan pusaka serta benda-benda bersejarah yang ditemukan di berbagai wilayah kecamatan tersebut.

“Khusus untuk benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli dibidangnya. Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangkaian peringatan hari jadi Grobogan yang jatuh pada tanggal 4 Maret nanti,” ungkap Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Dijelaskan, acara bersih-bersih tersebut biasanya dilakukan minimal setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat orang.

Dari data yang dimiliki, di dalam museum tersebut terdapat 83 macam benda peninggalan masa lalu dan terdiri dari beberapa jenis. Antara lain, seperangkat gamelan, keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok dan piring kuno. Kebanyakan, benda tersebut sudah berusia ratusan sampai ribuan tahun.

Selain membersihkan koleksi museum, pihaknya juga menata kebersihan di lingkungan museum. Hal itu dilakukan agar kondisi museum terlihat lebih menarik sehingga akan mengundang minat orang untuk berkunjung.