gemar orga 1Ribuan warga ikut ambil bagian dalam acara jalan sehat yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke-292 Kabupaten Grobogan, Jumat (9/3/2018). Selain PNS, pegawai BUMD, jalan sehat juga diikuti berbagai komponen masyarakat. Jalan sehat juga diikuti Bupati Grobogan Sri Sumarni dan pimpinan FKPD setempat.

Dalam kesempatan itu, bupati mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga. Hal itu perlu dilakukan karena dengan berolah raga akan meningkatkan kebugaran. Dampak selanjutnya, dengan tubuh bugar maka kinerjanya secara tidak langsung akan meningkat.

“Olaharganya bisa apa saja. Salah satunya adalah jalan kaki seperti ini yang bisa dilakukan sendirian atau bersama-sama,” katanya.

Ia menyatakan, beberapa waktu lalu, sudah dilakukan pencanangan Germas atau gerakan masyarakat sehat. Germas ini merupakan gerakan nasional yang diperkasai oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rangka penguatan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, dalam rangka memasyarakatkan paradigma hidup sehat.

Gerakan ini bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk serta menurunkan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran biaya kesehatan.

Kampanye Germas difokuskan pada pola hidup sehat yang mudah dan murah. Seperti berolahraga dan beraktifitas positif, makan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi narkoba atau alkohol serta melakukan pemeriksaan fisik secara berkala. Kampanye Germas ini merupakan upaya mengajak masyarakat supaya punya kemauan dan kesadaran untuk berperilaku sehat.

“Gerakan ini akan bisa berjalan efektif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat apabila kampanye Germas dilaksanakan secara terorganisir secara sistematis di seluruh lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, seluruh komponen masyarakat kita libatkan untuk menyukseskan Germas ini,” imbuhnya.