musrebang2018 1Pemkab Grobogan melangsungkan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 tingkat kabupaten yang digelar di gedung Riptaloka, Kamis (22/3/2018). Pelaksanaan Musrenbang dipimpin langsung oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni. Musrenbang juga dihadiri pimpinan FKPD, kepala OPD, LSM, organisasi profesi, dan anggota DPRD setempat.

Dalam kesempatan itu, bupati menyatakan, ada beberapa skala prioitas pada pembangunan tahun 2019 yang dibuat dalam konsep gerakan. Upaya untuk mempercantik wajah kota Purwodadi akan jadi salah satu prioritas utama pada tahun depan.

Menurut bupati, salah satu target dalam masa kepemimpinannya adalah merubah wajah kota Purwodadi agar lebih cantik lagi melalui Gerakan Cantik Kotaku, Bersih Lingkunganku. Untuk mempercantik ibukota Kabupaten Grobogan itu akan dilakukan dengan merevitalisasi trotoar dan saluran drainase, penataan kawasan publik seperti alun-alun dan bundaran simpanglima. Upaya mempercantik kawasan kota juga akan dikerjakan dengan membangun taman baru, penataan tempat untuk PKL dan sarana publik lainnya.

“Kota Purwodadi harus jadi lebih cantik tahun depan. Setelah itu, penataan akan berlanjut ke ibukota kecamatan. Untuk perbaikan infrastruktur jalan tetap akan kita lakukan,” katanya.

Prioritas lain yang akan dikerjakan pada tahun depan adalah meningkatkan ekonomi masyarakat melalui gerakan Usaha Produktif Rakyat Mandiri. Selanjutnya adalah peningkatan kualitas tujuan wisata dengan membuat sesuatu yang unik dari produk unggulan sehingga bisa mendatangkan daya tarik wisatawan.

Peningkatan kualitas SDM dalam bidang pendidikan dan kesehatan jadi prioritas lainnya serta pengentasan kemiskinan. Satu hal lagi yang jadi perhatian adalah pelaksanaan Pemilu 2019 dengan membuat gerakan Pemilu Adem, Rakyat Tentrem.

“Hasil musrenbang ini nantinya akan jadi dasar untuk menerapkan kebijakan yang akan dilakukan pada tahun 2019. Untuk itu masukan dari berbagai pihak kita perlukan dalam musrenbang ini. Seperti dari LSM, organisasi profesi, dan anggota DPRD,” imbuhnya.