FKMetra 1Meski sudah banyak ragam media, namun keberadaan Forum komunikasi media tradisional (FK Metra) Grobogan dirasakan masih bermanfaat. Yakni, sebagai sarana untuk membantu pemerintah dalam mendesiminasikan informasi dengan cara tradisional.

“Selain jadi tontonan, FK Metra juga diharapkan menjadi tuntunan bagi masyarakat lewat pesan-pesan yang dibawakannya. Lewat FK Metra pesan bisa disosialisasikan lewat seni tradisonall, tari, musik, dialog dan lainnya,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam acara pelantikan pengurus FK Metra Grobogan periode 2018-2023 di pendapa kabupaten, Rabu (4/4/2018).

Acara pelantikan juga dihadiri Ketua FK Metra Jateng Sukirno. Hadir pula, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Sekda Moh Sumarsono, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Wiku Handoyo dan sejumlah pejabat terkait.

Menurut bupati, FK Metra kedepan diharapkan dapat menjadi salah satu media diseminasi informasi dari pemerintah ke masyarakat. Diseminasi informasi yang dikemas dalam kesenian lokal dirasakan akan lebih mengena karena ada komunikasi langsung dengan masyarakat.

Untuk bisa mengena pada sasaran, pertunjukan FK Metra sebaiknya dilakukan di tempat terbuka. Dengan demikian, pesan yang akan disampaikan langsung bisa di tangkap oleh masyarakat luas.

“Peran FK Metra ini harus lebih digiatkan agar kesenian ini bisa termanfaatkan. Para kepala OPD kami minta bisa memanfaatkan keberadaan FK Metera untuk menyampaikan berita pada masyarakat,” katanya.