rembugbangungrob 1Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta agar perusahaan yang ada di wilayahnya bisa menyisihkan sebagian dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung pembangunan. Hal itu disampaikan bupati dalam acara rembung bareng dengan pengusaha di gedung Riptaloka, Setda Grobogan, Rabu (18/4/2018).

Bupati berharap, selain kegiatan sosial, sebagian dana CRS bisa disalurkan untuk pekerjaan fisik. Misalnya, mendukung perbaikan jalan kampung, membuat taman bermain anak-anak, penataan lingkungan dan bedah rumah tidak layak huni.

“Harapan saya, dana CSR perusahaan bisa disalurkan untuk kegiatan fisik. Terutama, di wilayah tempat perusahaan itu berdiri. Jika ini dilakukan maka ada manfaat langsung yang akan dirasakan masyarakat di sekitar perusahaan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, bupati mengapresiasi renovasi taman di Simpang Tiga Gubug yang dilakukan oleh PT Kartika yang selama ini dikenal sebagai produsen sirup. Hasil renovasi taman sudah diresmikan bupati pada awal April lalu.

“Sebelumnya, juga ada perusahaan yang menyalurkan dana CSR untuk mendukung pembangunan. Yakni, dari Pertamina yang dialokasikan untuk membangun jalan. Kemudian dari PT Japfa juga menyalurkan CSR untuk peningkatan gizi anak sekolah,” katanya.

Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto menambahkan, untuk memudahkan penyaluran CSR, pemkab sudah menyiapkan payung hukumnya. Yakni, Perda No 19 tahun 2016 tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP).

“Dalam kesempatan ini tadi, kita sekalian lakukan sosialisasi Perda tentang TSP itu. Dalam Perda tersebut sudah diatur banyak hal berkaitan dengan penyaluran dana CSR perusahaan,” jelasnya.

Disamping itu, semua SKPD juga sudah menyiapkan program atau kegiatan yang dapat disinergikan dengan program CSR tiap perusahaan. Program tersebut ada yang berbentuk fisik dan non fisik.

Acara rembug bareng dihadiri Dandim 0717 Purwodadi Letkol Teguh Cahyadi, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq, Kajari Edi Handojo dan para kepala SKPD. Sedangkan pengusaha yang hadir sekitar 70 orang dari berbagai latar bidang usaha.