FK Metraseleksi

Suasana meriah terlihat di pendapa kabupaten Grobogan, Rabu (25/4/2018). Kemeriahan ini terjadi seiring digelarnya seleksi pertunjukkan rakyat yang disuguhkan oleh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) tingkat Jateng.

Seleksi tersebut diikuti FK Metra dari enam kabupaten. Yakni, Grobogan, Demak, Semarang, Salatiga, Kendal, dan Karanganyar. Masing-masing, menggelar pertunjukkan rakyat dialogis dengan mengambil tema tolak money politik dalam pemilu.

Pertunjukkan yang ditampilkan seringkali diisi adegan yang cukup lucu. Hal ini tak ayal membuat para penonton dibikin tertawa terbahak-bahak.

Sekda Grobogan Moh Sumarsono menyatakan, meski sudah banyak ragam media, namun keberadaan Forum komunikasi media tradisional (FK Metra) dirasakan masih bermanfaat. Terutama sebagai sarana untuk membantu pemerintah dalam mendesiminasikan informasi dengan cara tradisional.

“Selain jadi tontonan, FK Metra juga diharapkan menjadi tuntunan bagi masyarakat lewat pesan-pesan yang dibawakannya. Lewat FK Metra pesan bisa disosialisasikan lewat seni tradisonall, tari, musik, dialog dan lainnya,” katanya.

Menurutnya, FK Metra kedepan diharapkan dapat menjadi salah satu media diseminasi informasi dari pemerintah ke masyarakat. Diseminasi informasi yang dikemas dalam kesenian lokal dirasakan akan lebih mengena karena ada komunikasi langsung dengan masyarakat.

Untuk bisa mengena pada sasaran, pertunjukan FK Metra sebaiknya dilakukan di tempat terbuka. Dengan demikian, pesan yang akan disampaikan langsung bisa di tangkap oleh masyarakat luas.

“Peran FK Metra ini harus lebih digiatkan agar kesenian ini bisa termanfaatkan. Khususnya oleh OPD untuk menyampaikan berita pada masyarakat,” jelas Sumarsono.

Seleksi pertunjukkan rakyat dibuka Sekda Grobogan Moh Sumarsono. Hadir dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Choiron El Atiq, Kajari Edi Handojo, Kepala PN Cyrilla Nur Endah dan Kepala Dinas Infokom Wiku Handoyo. Sebelum pentas dimulai, perwakilan FK Metra yang mengikuti seleksi sempat menggelar deklarasi anti berita hoax.