hariburuh 1Meski sederhana, peringatan Hari Buruh di Grobogan berlangsung semarak. Bentuk peringatan dilakukan dengan melangsungkan senam bersama di Alun-alun Purwodadi, Selasa (1/5/2018). Ratusan pekerja dari berbagai perusahaan di Grobogan ikut terlibat dalam kegiatan ini.

Bupati Grobogan Sri Sumarni ikut berbaur dalam senam bersama tersebut. Hadir pula, Kapolres AKBP Choiron El Atiq, Dandim 0717 Purwodadi Letkol Teguh Cahyadi, Kajari Edi Hadojo, Ketua PN Purwodadi Cyrilla Nur Endah, Ketua DPRD Agus Siswanto serta Sekda Grobogan Moh Sumarsono. Tampak pula Kepala Disnakertrans Grobogan Nurwanto bersama para kepala SKPD dan Ketua SPSI Grobogan Sintono.

Usai senam, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pengundian berbagai hadiah yang disediakan pihak panitia. Untuk hadiah utama berupa sepeda motor didapat Ngadiran (29), pekerja pabrik pakan ternak PT Mega Tri Utama. Hadiah utama ini diundi dan diserahkan Bupati Sri Sumarni.

“Selamat, bisa beruntung mendapatkan hadiah motor. Semoga hadiah ini makin menambah semangat berkarya,” kata bupati.

Menurut bupati, berdasarkan hasil verifikasi tahun 2017, ada 550 perusahaan yang ada di Grobogan. Perusahaan sebanyak itu, mampu menyerap 15.788 tenaga kerja. Sedangkan jumlah serikat pekerja / serikat buruh ada 25 unit dengan anggota 1.725 orang.

“Dari jumlah pekerja itu, 50 persen diantaranya adalah wanita. Meski wanita, namun mereka ini juga bisa memberikan kontribusi yang sangat penting dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi,” kata mantan anggota DPRD Grobogan itu.

Terkait momen hari buruh atau May Day ini, bupati berharap agar rasa kebersamaan dan persatuan antar sesama serikat pekerja/serikat buruh terus ditingkatkan. Ia juga meminta agar serikat pekerja/serikat buruh meningkatkan kualitas SDM para pengurus dan anggota sehingga selalu siap menghadapi tantangan kedepan.
“Saya minta agar semua pekerja selalu menjaga hubungan industrial yang kondusif dan dinamis. Tidak perlu ikutan demo. Lebih baik senam barang seperti ini. Kalau ada persoalan mari kita bicarakan bersama,” cetusnya.