gemabaku 1Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menumbuhkan minat baca buku pada anak. Salah satunya melalui Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku).

Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat menyatakan, Gernas Baku merupak upaya untuk menumbuhkan minat dan budaya baca pada anak. Program ini tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah saja. Namun dukungan dari masyarakat, terutama orang tua mutlak diperlukan untuk menyukseskan progam itu.

“Gernas Baku ini perlu dukungan secara terorganisir dari masyarakat, meliputi orang tua, dan warga sekolah. Dengan dukungan banyak pihak maka upaya menumbuhkan minat baca pada anak akan lebih mudah tercapai,” kata Amin usai launching Gernas Baku, Sabtu (5/5/2018).

Menurutnya, menumbuhkan minat baca pada anak dinilai jauh lebih penting daripada mengajari anak cepat membaca. Untuk menumbuhkan minat baca pada anak usia dini bisa dilakukan dengan menceritakan gambar dan mengucapkan huruf.

“Dengan keterlibatan orang tua dalam membacakan buku maka akan tercipta pola asuh yang positif antara orang tua dan anak. Gernas Baku kita mulai dari usia dini, Paud dan TK,” cetus mantan Kepala SMAN 1 Purwodadi itu.