kunker papua1Pemkab Keerom, Provinsi Papua melangsungkan kunjungan kerja ke Grobogan, Senin (7/5/2018). Kunjungan kerja ini dipimpin langsung Bupati Keerom Muh Markum didampingi sejumlah pejabat. Antara lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kepala Dinas Pariwisata, dan Ketua Adat.

Rombongan Bupati Keerom diterima langsung Bupati Grobogan Sri Sumarni didampingi sejumlah pejabat. Antara lain, Sekda Moh Sumarsono, Kepala DPUPR Subiyono, Kepala Dishub Agung Sutanto, Kepala Ketahanan Pangan Muh Hidayat, Kepala Dinas Pertanian Edhie Sudaryanto dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Menurut Markum, pihaknya sengaja melakukan kunjungan ke Grobogan karena banyak keberhasilan yang sudah diraih selama ini. Terutama, dalam bidang pertanian, pembangunan infrastruktur dan inovasi dalam menggali sumber pendapatan asli daerah (PAD).

“Saya banyak terima informasi keberhasilan yang diraih Pemkab Grobogan ini. Saya paham betul dengan kondisi Grobogan karena aslinya dari sini,” kata bupati yang wilayahnya berbatasan dengan negara Papua Nugini itu.

Sekedar diketahui, Bupati Keerom Muh Markum memang putra kelahiran Grobogan. Tepatnya, dari Desa Leyangan, Kecamatan Penawangan. Ia merantau ke Papua mengikuti orangtuanya yang bertransmigrasi sekitar tahun 1984 lalu.

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan, sejauh ini, potensi pertanian memang jadi andalan. Soalnya, sebagian besar penduduk bergelut dalam bidang pertanian.
“Kabupaten Grobogan saat ini merupakan salah satu daerah penyangga pangan nasional. Komoditas andalan kita adalah padi, jagung, dan kedelai atau pajale. Dalam bidang pertanian ini kita sering dapat juara nasional,” ungkapnya.

Untuk pembangunan infrastruktur khususnya jalan, memang jadi skala prioritas. Upaya untuk membangun jalan rusak juga dilakukan dengan dana pinjaman dari pihak ketiga.

“Tahun 2017 ini, alokasi dana perbaikan jalan sekitar Rp 400 miliar. Dari jumlah ini, sekitar Rp 200 miliar didapat dari dana pinjaman. Untuk meningkatkan PAD, kami memang meminta agar terus menggali potensi yang bisa didapat,” sambungnya.