narkoba jauhi 1Salah satu upaya untuk menekan angka kenakalan remaja adalah melakukan langkah pencegahan. Hal itu disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat mengajar di SMAN 1 Grobogan, Rabu (9/5/2018).

“Langkah pencegahan mesti kita kedepankan dalam menekan angka kenakalan dikalangan remaja, khususnya adik-adik pelajar. Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan model pembinaan dan pendekatan,” tegas bupati yang juga alumni SMAN 1 Grobogan itu.

Menurut bupati, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan serangkaian pembinaan di sejumlah sekolah yang ada di Grobogan. Salah satu penekanan yang disampaikan pada para pelajar adalah terkait bahaya penggunaan narkoba.

Sebagai generasi penerus bangsa, ia meminta para pelajar agar menjauhi barang terlarang tersebut. “Jangan sekali-kali berdekatan dengan narkoba. Sebagai pelajar, fokus utama adalah menuntut ilmu sebagai bekal masa depan,” tegasnya pada pelajar dan para guru.

Untuk menekan kenakalan remaja, para pelajar harus didorong untuk lebih giat mengikuti kegiatan positif di sekolah. Jika pelajar merasa nyaman dengan kegiatan di sekolah maka secara tidak langsung bisa terhindar dari pengaruh narkoba.

Upaya lain untuk menekan angka kenakalan remaja adalah mengenalkan beragam peraturan pada mereka. Sebab, terjadinya kenakalan pelajar itu salah satu faktornya adalah para pelajar yang tidak memahami dan mematuhi aturan, khususnya aturan yang ada di sekolah.

Dalam kesempatan itu, bupati sempat pula menyampaikan pesan-pesan pada siswa tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas dan ikut menjaga kamtibmas dilingkungan sekolah.

Setelah mengajar di SMAN 1 Grobogan, ada banyak agenda lain yang dilakukan bupati. Yakni, meresmikan gedung baru BKAD Kecamatan Grobogan.

Setelah itu, dilanjutkan meninjau pembangunan jalan penghubung Desa Lemahputih-Karangsari. Kemudian acara berikutnya meresmikan pembuatan jaringan irigasi pipanisasi di Desa Karangsari, Kecamatan Brati. Acara roadshow terakhir dilangsungkan dengan penyerahan bantuan alat pertanian pada petani di Desa Sumberagung, Kecamatan Godong.

Sejumlah pejabat ikut mendampingi Sri Sumarni dalam acara tersebut. Antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Amin Hidayat, Kepala Bappeda Anang Armunanto, dan Asisten II Ahmadi Widodo, Kepala Dinas Pertanian Edhie Sudaryanto, Kepala DPUPR Subiyono. Tampak pula, Kabag Humas Ayong Muchtarom, Kabag Umum Supriyanto.