ikonbanjarejo 1Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi penataan taman dan pembangunan patung Ganesha tidur di komplek Balaidesa Banjarejo, Kecamatan Gabus. Sebab, dengan penataan yang dilakukan membuat suasana balaidesa tampak rapi dan nyaman sehingga membuat orang senang berkunjung.

“Penataan taman di Balaidesa Banjarejo ini bagus banget. Kemudian, pembuatan patung besar Ganesha tidur yang disisi selatan itu makin menambah daya tarik dan biki orang senang datang,” ungkap Sri Sumarni usai meresmikan penataan taman dan pembuatan patung Ganesha tidur, Rabu (6/6/2018).

Usai peresmian, bupati beserta ratusan warga Desa Banjarejo melangsungkan buka bersama di lokasi itu. Setelah itu, bupati dan rombongan melaksanakan salat tarawih dan pengajian.

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik menyatakan, patung Ganesha itu ukurannya cukup besar. Yakni, 11 x 4,5 meter. Pembuatan patung dilakukan oleh Gunawan, seorang seniman dari Desa Keyongan, Kecamatan Gabus yang tinggal di Yogjakarta.

Menurutnya, pembuatan patung Ganesha dilakukan dengan beberapa alasan. Yakni, untuk mengenang adanya kehidupan era animisme, hindu dan budha yang pernah ada di Banjarejo. Kemudian, alasan lainnya adalah banyaknya penemuan benda purbakala yang didominasi dari jenis gajah purba.

“Kita pilih buat patung Ganesha tidur dengan latar belakangnya seperti itu. Diluar dugaan, pembuatan patung ini ternyata dapat respon positif dari warga. Setiap hari, banyak yang selfie didepan patung itu. Bahkan, sebelum pembuatannya rampung juga sudah banyak yang foto-foto,” katanya.