Konferwil NU Jateng Pondok Pesantren Miftahul Huda Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Grobogan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Wilayah (Konferwil) XV NU Jateng 2018. Pelaksanaan Konferwil NU Jateng dilangsungkan Sabtu (7/7/2018), dari pagi hingga malam.

Pembukaan Konferwil NU Jateng dilakukan Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj. Hadir dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono serta sejumlah pejabat dan para ulama. Pembukaan Konferwil NU Jateng ditandai dengan pemukulan bedug.

Dalam kesempatan itu, KH Said Agil Siradj menyatakan, negara besar dengan dukungan teknologi besar, akan membutuhkan kekuatan dari sebuah organisasi kemasyarakatan yang besar. Menurutnya, Indonesia memiliki kelompok-kelompok thariqah, masjid, 22 ribu pesantren, jamiah tahilan, dan 91,4 juta kader NU sebagai modal.

“Kita memiliki kekuatan besar yang perannya ditunggu dunia internasional. Dengan modal ini, apa yang bisa diperbuat kita,” katanya.

Dalam pelaksanaan Konferwil, nama KH Ubaidillah Shodaqoh kembali terpilih menjadi Rois Syuriyah PWNU Jateng periode 2018-2023. Sedangkan posisi Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng dipercayakan pada KH Muzamil terpilih menjadi ketua.

Menurut Ketua PCNU Grobogan Abu Mansur, sebelum pembukaan Konferwil NU, ada serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan. Antara lain, NU Berselawat, ada NU Berdzikir, Kirab Santri, dan Silatda NU. Acara itu dilangsungkan agar masyarakat tidak terfokus di lokasi konfrensi saja.

Abu Mansur mengucapkan terimakasih pada pengurus PWNU Jateng yang telah memberi kesempatan PCNU Grobogan untuk menjadi tuan rumah. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih pada Bupati Grobogan Sri Sumarni yang menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut.

’’Meski tidak berkesempatan hadir saat pembukaan, karena ada kegiatan di Jakarta, Bupati Sri Sumarni masih menyempatkan datang ke lokasi Konferwil NU Jateng. Kami ucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Grobogan, PWNU, dan berbagai pihak lainnya yang turut mendukung terselenggaranya acara ini,’’ ujarnya.