Cek Lokasi Pengambilan Api Asian   Bupati Grobogan Sri Sumarni melangsungkan kunjungan ke Obyek Wisata Api Abadi Mrapen, Rabu (11/7/2018). Sejumlah pimpinan FKPD ikut mendampingi bupati yang di lokasi wisata yang terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong itu.

Antara lain, Kapolres AKBP Choiron El Atiq, Dandim Letkol Teguh Cahyadi, dan Kepala Kejaksaan Negeri Edi Handojo. Tampak pula, Sekda Moh Sumarsono, Asisten II Ahmadi Widodo, Plt Kepala Disporabudpar Edi Santoso, Kepala DPUPR Subiyono, Kepala DLH Nugroho Agus Prastowo, Kepala Dinas Pendidikan Amin Hidayat, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Menurut bupati, kunjungan ini dilakukan dalam rangka mengecek langsung lokasi yang akan digunakan untuk acara pengambilan api obor Asian Games tanggal 18 Juli mendatang. “Waktu tersisa sebelum acara pengambilan api obor Asian Games tinggal seminggu lagi. Untuk itu, saya ingin memastikan lokasi acaranya sudah disiapkan dengan baik,” tegasnya.

Terkait dengan momen bersejarah tersebut, Pemkab Grobogan sudah membentuk tim koordinasi yang ditetapkan dengan SK Bupati. Tim Koordinasi tersebut terdiri dari berbagai instansi terkait. Antara lain, kepolisian, kodim, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Disporabudpar, Muspika Godong, KONI hingga Pemdes Manggarmas.

“Sejak beberapa waktu lalu, Tim Koordinasi sudah melakukan rapat intensif untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam acara pengambilan api untuk Torch Relay Asian Games,” imbuh Sekda Grobogan Moh Sumarsono.

Tim Koordinasi juga sudah melakukan pembahasan lebih lanjut dengan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC). INASGOC adalah komite resmi yang dibentuk oleh pemerintah setelah ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18.

Koordinasi dengan INASGOC ini kita butuhkan untuk mendapatkan gambaran yang jelas terkait pelaksanaan kegiatan. Dengan demikian, masing-masing seksi dari Tim Koordinasi bisa melakukan persiapan dengan baik supaya acara penyalaan dan pembakaran obor Asian Games di Mrapen bisa berjalan lancar.

“Sejauh ini, persiapan yang dilakukan Tim Koordinasi sudah matang. Termasuk kesiapan dalam masalah pengamanan,” katanya.
Sumarsono menambahkan, dalam waktu dekat, akan dilakukan pengaspalan jalan dari pintu masuk menuju lokasi wisata api abadi Mrapen, sepanjang sekitar 160 meter. Untuk pengaspalan akan dilakukan Dinas PUPR.