poskamlingpnting 12Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq menegaskan, keberadaan poskamling beserta seluruh perangkatnya merupakan garda terdepan kekuatan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal. Hal itu disampaikan kapolres dalam acara Apel Besar Kaposkamling yang dilangsungkan di Mapolres Grobogan, Selasa (31/7/2018).

Pelaskaanaan apel juga dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Ketua DPRD Agus Siswanto. Dalam kesempatan itu, juga dilangsungkan penyerahan hadiah pada pemenang lomba Siskamling dan Bhabinkamtibmas atau petugas polmas yang telah dilaksanakan Polres Grobogan pada tanggal 18 hingga 19 juli lalu.

“Dari pengamatan saya, para kaposkamling dan seluruh perangkatnya telah terbukti berbuat dan berusaha untuk mewujudkan rasa aman yang menjadi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat khususnya pada waktu malam hari. Kondisi ini berdampak pada terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Grobogan hingga saat ini,” tegasnya.

Menurut kapolres, Apel besar kaposkamling ini merupakan wahana evaluasi terhadap keberadaan poskamling dengan aktivitas kegiatannya dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban secara swakarsa di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Keberadaan dan operasionalisasi poskamling sangat terasa kemanfaatannya bagi masyarakat berkaitan masalah keamanan.

“Dalam kehidupan dinamika masyarakat yang semakin modern, keberadaan poskamling masih relevan dan sangat diperlukan,” cetus Choiron.

Terkait dengan kondisi itu, Choiron mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mengaktifkan dan mengefektifkan kembali pos-pos kamling yang ada di wilayah masing-masing. Masyarakat juga diajak menghidupkan tanggung jawab serta meningkatkan kesadaran terhadap tugas siskamling sebagai upaya penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas di lingkungan secara swakarsa.

Sementara itu, Bupati Sri Sumarni menyatakan, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram tidak bisa dilakukan oleh beberapa instansi saja. Tetapi butuh pula kesadaran warga. Caranya, dengan menggalakkan lagi sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Siskamling ini perlu digalakkan lagi. Sebab, melalui siskamling sangat efektif meminimalisasi terjadinya tindak kejahatan,” ujarnya.

Terkait dengan kondisi itu, Ia sudah mengimbau kepada seluruh camat, kepala desa dan kepala kelurahan untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah tugasnya masing-masing dengan mengaktifikan kembali siskamling. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat setempat.

“Seluruh komponen masyarakat harus selalu peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan atau perangkat desa,” pesannya.