hajijadwal 123Ratusan jamah haji melangsungkan acara pamitan dengan Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran FKPD di pendapa kabupaten, Rabu (1/8/2018). Acara pamitan juga dihadiri sejumlah pejabat terkait serta para petugas yang akan mendampingi para jamaah dari Grobogan.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta para jamaah supaya mematuhi aturan dan jadwal pelaksanaan ibadah yang sudah ditetapkan. Sebab, adanya jadwal tersebut bertujuan supaya pelaksanaan ibadah berjalan lancar.

“Seperti diketahui, yang melaksanakan ibadah haji ini jumlahnya jutaan orang. Maka harus diatur supaya ibadah bisa dilakukan dengan aman dan lancar. Hal ini hendaknya benar-benar diperhatikan. Jadi, patuhi jadwal dan arahan dari petugas,” pesan bupati.

Bupati juga meminta para jamaah haji agar menjaga kondisi kesehatan. Sebab, waktu keberangkatan menuju tanah suci tinggal beberapa hari lagi.Kepada para petugas haji, Bupati juga meminta agar mereka bisa mengemban tugas dengan amanah. Yakni, dengan memberikan pelayanan maksimal pada jamaah selama berada di tanah suci.

“Tugas pendamping ini sangat berat. Untuk itu, saya minta agar para petugas ini bisa bersikap sabar dan amanah selama menjalankan tugas,” katanya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Grobogan Abdul Ro’uf menyatakan, jamaah haji Grobogan nantinya akan tergabung dalam tiga kloter. Yakni, kloter 73 sebanyak 207 orang, kloter 74 (355 orang) dan kloter 75 (340 orang).

Dari ketiga kloter itu, hanya kloter 74 yang seluruhnya diisi jamaah haji Grobogan. Untuk kloter 73 bercampur dengan jamaah haji dari Kota Semarang. Sedangkan kloter 75 ada jamaah haji dari Kabupaten Semarang yang tergabung didalamnya.

“Jumlah jamaah kita keseluruhan ada 902 orang. Keberangkatan jamaah Grobogan menuju tanah suci ikut dalam gelombang dua. Jadi, nanti jamaah kita langsung menuju Makkah terlebih dahulu,” terangnya.

Mengenai jadwal keberangkatan juga sudah ada kepastian. Dijelaskan Ro’uf, untuk kloter 73 akan berangkat dari pendapa kabupaten pada 6 Agustus. Kemudian, kloter 74 dan 75 berangkat dalam waktu bersamaan pada 7 Agustus, tetapi jamnya berbeda.