haji201881Rombongan jamaah haji Grobogan yang tergabung dalam kloter 73 diberangkatkan dari pendapa kabupaten menuju asrama haji Donohudan, Senin (6/8/2017) sore.

Acara pelepasan 205 jamaah ini dipimpin Bupati Grobogan Sri Sumarni didampingi Sekda Grobogan Moh Sumarsono, dan perwakilan FKPD. Suasana haru terlihat beberapa saat sebelum lima bus yang membawa rombongan jamaah haji meninggalkan pintu gerbang pendapa kabupaten.

“Selamat jalan kepada saudara-saudaraku semua. Semoga selama menunaikan rangkaian ibadah haji berjalan lancar. Mari berdoa bersama-sama semoga semuanya bisa kembali pulang dengan kondisi sehat dan menyandang haji yang mabrur, aamiin,” ucap bupati sesaat sebelum melepas keberangkatan jamaah haji.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta para petugas yang mendampingi jamaah haji diminta untuk mengemban tugas dengan amanah. Yakni, memberikan pelayanan maksimal pada jamaah selama berada di tanah suci. Terlebih, dalam rombongan kali ini banyak terdapat jamaah haji berusia lanjut.haji2018

“Tugas pendamping ini sangat berat. Untuk itu, saya minta agar para petugas ini bisa bersikap sabar dan amanah selama menjalankan tugas. Terutama sekali dalam melayani jamaah yang sudah sepuh (tua),” terangnya.

Ia juga meminta para jamaah untuk bersikap ikhlas selama berada di tanah suci nanti. Apapun fasilitas yang diterima hendaknya tetap disyukuri dan sebisa mungkin jangan melakukan protes. Misalnya, dalam hal pemondokan atau menu makanan yang akan didapat selama melaksanakan ibadah haji nanti.

“Keberangkatan ke tanah suci ini untuk melaksanakan ibadah. Jadi, sebaiknya konsentrasi penuh agar bisa melaksanakan ibadah semaksimal mungkin. Selama di tanah suci nanti harus lebih banyak ikhlas dan bersabar,” pesannya.

Bupati menghimbau pada semua jamaah untuk selalu menjaga kesehatan. Sebab, pelaksanaan haji membutuhkan fisik yang prima agar semua rangkaian ibadah bisa dilakukan dengan sempurna.