undianBRI32Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta Bank BRI Kantor Cabang Purwodadi memberikan perhatian yang lebih besar kepada sektor pertanian. Hal itu perlu dilakukan karena mayoritas warga Grobogan berkecimpung dalam bidang pertanian.

Bentuk perhatian bisa dilakukan dengan memberikan program kredit yang mudah dan lunak pada para petani. Khususnya, bagi petani yang membutuhkan tambahan modal untuk melakukan inovasi atau menyediakan sarana dan prasarana pendukung usahanya. Dengan dukungan pembiayaan yang memadai, maka bidang pertanian ini diharapkan mengalami peningkatan serta pertumbuhan yang lebih baik dari sebelumnya.

“Selama ini, perhatian BRI pada bidang pertanian saya nilai sudah bagus. Meski demikian, ada baiknya perhatian itu ditingkatkan karena pertanian merupakan sektor ekonomi andalan dari Kabupaten Grobogan,” kata bupati saat membuka acara panen hadiah Simpedes BRI di Hotel Grand Master Purwodadi, Rabu (8/8/2018).

Selain pertanian, BRI juga diharapkan ikut mendorong perkembangan sektor Industri kecil dan rumah tangga khususnya industri kreatif. Soalnya, sektor ini mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar, sehingga bisa menjadi salah satu solusi mengatasi pengangguran.

“Kami harapkan BRI memberikan keringanan suku bunga kredit perbankan sehingga pengusaha kecil dan menengah dapat lebih mengakses permodalan. Bahkan bila perlu BRI bisa menjadi napak angkat dari pelaku usaha yang potensial untuk dikembangkan menjadi produk unggulan Kabupaten Grobogan. Khususnya, pelaku usaha yang membuat produk dari pertanian, atau peternakan,” katanya.

Bupati menyatakan, perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian nasional, termasuk didalamnya pertumbuhan ekonomi di wilayah. BRI adalah salah satu lembaga perbankan milik pemerintah yang melakukan usaha menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk Giro, Deposito dan Tabungan. Dana itu kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman/kredit dan utamanya digunakan untuk pengembangan usaha.

Lebih lanjut disampaikan bupati, sejauh ini, produk-produk BRI telah dikenal luas masyarakat sampai dikalangan bawah. Seperti Simpanan dalam bentuk Giro, Deposito, Tabungan Britama dan Simpedes serta produk lainnya.

Selain itu, jaringan kerja BRI telah berkembang sampai pelosok-pelosok daerah. Dalam operasionalnya BRI juga sudah menjangkau di seluruh wilayah Kabupaten Grobogan melalui Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Unit, ATM, bahkan banyak agen maupun kios di desa-desa yang telah menggunakan mesin EDC BRILINK.

Sebagaimana data yang ada dalam Sistim Informasi Kredit Program pada tahun 2017, BRI telah menyalurkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak 33.509 debitur. Terdiri dari KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI dengan nilai transaksi akad kredit sebesar Rp 463,7 miliar.
Oleh karena itu, mengingat demikian strategisnya peranan sektor UMKM dalam perekonomian nasional, maka kewajiban kita sekalian untuk mengembangkan dan memberdayakan UMKM dalam berbagai sector usaha. Dan kami berharap BRI mampu untuk menggerakkan sektor UMKM di Kabupaten Grobogan agar lebih berdaya saing.